Keramik kamar mandi harus memiliki tekstur agar tidak licin. Foto: Shutterstock
Keramik kamar mandi harus memiliki tekstur agar tidak licin. Foto: Shutterstock

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Properti rumah Tips Properti tips rumah kamar mandi
Rizkie Fauzian • 21 Januari 2021 11:31
Jakarta: Lantai merupakan salah satu unsur penting dalam setiap rumah, terutama di kamar mandi. Pemilihan material yang tepat menjaga lantai bebas licin.
 
Tak hanya itu, pemilihan lantai di kamar mandi harus tangguh terhadap air maupun kelembaban. Lantai yang indah juga akan memengaruhi suasana dalam kamar mandi.
 
Ada dua tipe kamar mandi, kering dan basah. Sebaiknya Anda pastikan jenis kamar mandi seperti apa yang akan digunakan karena akan memengaruhi pemilihan material. Berikut ini tips memilih keramik untuk kamar mandi.

1. Sesuaikan dengan anggaran

Banyaknya varian harga dan model keramik yang dijual di pasaran membuat Anda harus jeli dalam memilih keramik. Apakah Anda ingin memilih keramik murah namun berkualitas biasa saja, atau ingin membeli keramik mahal sesuai dengan keinginan dan memiliki kualitas yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada rupa tentu ada kualitas. Meski disesuaikan dengan anggaran, jangan lupakan keselamatan keluarga di rumah. Pastikan memilih yang baik untuk kamar mandi.

2. Ukuran keramik

Tips memilih keramik yang kedua ini sangatlah penting untuk Anda lakukan, agar mendapatkan desain ruangan yang manis dan indah dilihat mata.
 
Perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.
 
Umumnya lantai untuk kamar mandi berukuran 20x20 cm atau 25x25 cm. Jika Anda ingin menghiasi dinding kamar mandi dengan keramik, biasanya menggunakan ukuran 20x25 cm. Usahakan gunakan warna yang senada ya.

3. Warna dan corak

Pemilihan warna dan corak bisa disesuaikan dengan tema kamar mandi di rumah Anda. Jika ruangan kurang sinar matahari yang masuk, pilihan warna terang menjadi alternatif terbaik, begitu juga sebaliknya.
 
Pilih juga corak dengan warna cantik untuk pengaplikasian di dinding kamar mandi. Pilih corak daun atau tanaman agar terlihat lebih asri dan sejuk.

4. Tekstur

Lantai keramik memiliki beberapa jenis seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau bertekstur. Hal inilah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik.
 
Untuk kamar mandi pilihlah keramik yang memiliki tekstur yang tidak rata. Gunanya, agar tidak licin saat digunakan beraktivitas dan mobilisasi.

5. Kualitas

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih keramik adalah dengan memeriksa standar peruntukannya. Keramik kamar mandi tentunya harus tahan air, noda, dan tidak boleh licin.
 
Anda harus memastikan bahwa pemilihan keramik khususnya untuk penggunaan kamar mandi tidak licin karena berhubungan dengan keselamatan Anda di rumah.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif