Area di rumah yang sering terlewatkan untuk dibersihkan. Ilustrasi: Shutterstock
Area di rumah yang sering terlewatkan untuk dibersihkan. Ilustrasi: Shutterstock

Bersihkan Rumah Jelang Lebaran, Jangan Lupakan 5 Area Ini

Properti Dekorasi Rumah Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 12 Mei 2021 10:04
Jakarta: Membersihkan rumah merupakan kegiatan yang biasa dilakukan menjelang Lebaran. Meski tahun ini tak ada tradisi berkunjung dari sanak saudara, tak ada salahnya tetap menjaga rumah tetap rapi dan bersih.
 
Saat membersihkan rumah, ada beberapa spot yang kerap terabaikan. Padahal area tersebut biasanya sangat kotor atau penuh dengan debu yang jika dibiarkan bisa mengganggu kesehatan.
 
Berikut ini, tujuh tempat yang sering lupa untuk dibersihkan dikutip The Spruce.

1. Di bawah furnitur

Area ini sering kali terlewatkan, biasanya Anda akan fokus pada bagian yang terlihat. Padahal debu-debu di bawah furnitur suda menumpuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gunakan penyedot debu atau sapu yang panjang untuk menyingkirkan jaring laba-laba, debu, atau kotoran lainnya setidaknya dua kali setahun.

2. Dinding

Mungkin tak pernah terbayang bahwa Anda harus membersihkan dinding. Padahal, jika Anda membuka tirai akan terlihat debu dan kotornya area dinding.
 
Terutama jika di rumah menggunakan wallpaper yang bertekstur, debu dengan mudah menempel. Anda bisa mulai dari bagian atas dinding hingga ke bawah menggunakan kemoceng.
 
Di ruangan seperti dapur dan kamar mandi yang kelembapannya lebih tinggi, Anda mungkin perlu menyeka dengan kain lembab karena kelembapan telah mengubah debu menjadi tanah yang menempel di permukaan.

3. Bagian atas 

Saat sedang membersihkan, coba tengok ke bagian atas rumah. Kita cenderung mengabaikan apa yang berada di luar jangkauan pandangan kita. Secara rutin bersihkan bagian atas kusen pintu, lemari penyimpanan, bingkai foto, dan sudut langit-langit.
 
Kain lap sekali pakai dengan pegangan yang panjang adalah alat terbaik untuk membersihkan debu maupun jaring laba-laba. 

4. Peralatan kotor

Periksa peralatan kebersihkan Anda, bisa jadi sangat kotor. Dapat dibayangkan bagaimana peralatan yang seharusnya bisa membersihkan malah menyebar kuman. Kapan terakhir kali Anda memeriksa penyedot debu, pel, atau sikat gosok?  Jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala.

5. Tanaman

Apakah tanaman dalam ruangan Anda asli atau imitasi? karena mereka dapat menumpuk debu. Gunakan kain mikrofiber atau kemoceng untuk menyeka setiap daun. Anda juga bisa menggunakan kain yang lembab, namun jangan lupa untuk mengeringkannya kembali.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif