Kegunaan sampo selain membersihkan rambut. Foto: Shutterstock
Kegunaan sampo selain membersihkan rambut. Foto: Shutterstock

6 Kegunaan Sampo Selain untuk Keramas

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 24 Juli 2021 16:57
Jakarta: Sampo biasanya digunakan sebagai perawatan rambut untuk membersihkan kulit kepala. Sampo memiliki kandungan surfaktan yang membantu membuat busa dan mengangkat kotoran di ramput.
 
Meski demikian, ada banyak kegunaan sampo yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan rumah. Berikut ini enam kegunaan sampo selain digunakan untuk keramas.

1. Sebagai deterjen

6 Kegunaan Sampo Selain untuk Keramas
Sampo bisa Anda gunakan sebagai pengganti deterjen untuk mencuci pakaian yang membutuhkan perawatan khusus. Misalnya mencuci sweater, pakaian dalam atau pakaian yang perlu Anda cuci menggunakan tangan.

2. Hilangkan noda membandel

Noda sulit hilang dari baju kesayangan Anda?coba semprotkan sampo pada bagian noda tersebut, diamkan sebentar lalu kucek sedikit dan bilas.
 
Jika noda masih ada, ulangi memberi sampo pada noda tersebut hingga hilang. Sampo bisa digunakan pada noda minyak dan darah.

3. Bersihkan noda di karpet

6 Kegunaan Sampo Selain untuk Keramas
Oleskan sedikit sampo ke noda karpet, kemudian cukup usap bagian tersebut dengan lap basah sampai nodanya terangkat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika khawatir warnanya akan luntur, Anda bisa mengujinya terlebih dahulu ke area karpet dengan warna yang lebih gelap.

4. Membersihkan area dapur

Gunakan sampo untuk menghilangkan lemak di meja dapur, dinding, dan peralatan Anda. Cukup oleskan sedikit sampo ke lap basah. 
 
Oleskan ke area yang ingin Anda bersihkan, dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas hingga bersih, dan semua lemak itu akan hilang.
 
Anda juga bisa menambahkan sedikit soda kue jika nodanya sulit hilang. Soda bisa digunakan sebagai penggosok untuk menghilangkan lemak lebih cepat.

5. Bersihkan lantai

6 Kegunaan Sampo Selain untuk Keramas
Buat larutan pembersih lantai dengan menambahkan sebotol sampo ke dalam ember berisi air hangat. Hal ini akan bekerja dengan baik di lantai linoleum atau ubin keramik Anda.

6. Bersihkan toilet

Shampo dirancang untuk menghilangkan penumpukan minyak dan rambut, jadi sampo ini juga bekerja dengan baik pada buih sabun. 
 
Gunakan untuk membersihkan bak mandi atau pancuran. Cukup oleskan sampo dengan lap, diamkan sebentar dan bilas hingga bersih. 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif