Tips membersihkan rumah baru. Foto: Shutterstock
Tips membersihkan rumah baru. Foto: Shutterstock

5 Tips Membersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 27 Juli 2021 13:46
Jakarta: Ketika pindah ke rumah baru, hal pertama yang Anda lakukan tentu saja bersih-bersih. Terutama jika rumah tersebut bukan hunian baru, melainkan bekas orang lain.
 
Tak peduli seberapa bersih penghuni sebelumnya, Anda tentu ingin membersihkan kembali rumah tersebut secara menyeluruh. Berikut ini tips membersihkan rumah baru Anda, dikutip The Spruce.
 
Bersihkan rumah ketika barang-barang dan furnitur dari rumah lama Anda belum dipindahkan. Hal tersebut tentu saja untuk memudahkan proses membersihkan rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun jadwal pindahan Anda padat, cobalah untuk menjadwalkan membersihkan seluruh rumah terlebih dahulu. Anda bisa datang di pagi hari untuk membersihkan rumah dahulu.

1. Bersihkan dari area yang sering digunakan

5 Tips Membersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati
Mulailah dengan dua area yang paling sering Anda gunakan, seperti dapur dan kamar mandi. Kemudian Anda bisa beralih ke area lain.

2. Bersihkan area  dapur

Jika penghuni sebelumnya meninggalkan furnitur atau kitchen set sebaiknya Anda bersihkan dahulu sebelum digunakan. Lap dengan sabun atau cairan pembersih yang biasa Anda gunakan di rumah.
 
Keluarkan semua laci dan rak dari kabinet dapur, kemudian bersihkan sisa-sisa kotoran, lap dengan air pembersih, dan pastikan kering sebelum Anda memasukkannya kembali ke dalam kabinet.
 
Lap hingga ke bagian atas yang sulit terjangkau, pastikan tidak ada kotoran atau debu-debu yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkan bersihkan gagang atau kenop kabinet. 
 
Ulangi proses membersihkan untuk semua laci dan lemari di bagian bawah. Kemudian bersihkan dan sterilkan meja, wastafel, dan keran.

3. Di kamar mandi

5 Tips Membersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati
Bersihkan setiap area di kamar mandi, dari mulai bagian atas seperti kipas ventilasi, hingga perlengkapan lampu.
 
Jangan lupa untuk menyikat bak mandi bak mandi atau shower. Bersihkan pintu kamar mandi, dan ganti beberapa barang yang sudah terlihat kotor.
 
Jika kamar mandi tersebut memiliki wastafel, segera bersihkan. Lap atau gosok hingga ke celah terkecil.
 
Jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi toilet. Jika penghuni lama meninggalkan closet duduk pastikan masih bersih dan dapat digunakan. 
 
Bila closet tersebut tak layak sebaiknya Anda ganti, atau Anda bisa mengganti bagian dudukannya saja.
 
Pastikan bahwa Anda telah menyikat lantai dan membersihkannya dengan disinfektan. Anda bisa menyemprotkan wewangian agar kamar mandi lebih segar.

4. Area lain

Setelah dapur dan kamar mandi selesai, Anda bisa pindah ke kamar tidur. Jika rumah memiliki dua lantai, Anda bisa memulai dengan lantai bagian atas terlebih dahulu.
 
Jika kamar tersebut memiliki AC, lepas dan ganti filternya. Kemudian bersihkan celah dengan menggunakan penyedot debu.
 
Bersihkan lampu dan kipas angin (bila ada). Cari bekas noda di dinding dan bersihkan. Jika waktu Anda banyak, coba mengelap semua dinding karena akan sulit jika perabotan sudah dipindahkan.
 
Jangan lupa untuk membersihkan dan mensterilkan gagang pintu dan sakelar lampu. Bersihkan jendela, termasuk bingkai, dan teralis. 

5. Bersihkan lantai di akhir

5 Tips Membersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati
Setelah semua kamar bersih, saatnya untuk membersihkan lantai, langkah terakhir dari membersihan rumah baru Anda. 
 
Sapu atau vakum dulu, lalu pel. Jika Anda akan menggunakan karpet, pastikan bahwa lantainya benar-benar bersih.
 
Jika Anda pindah ke rumah yang baru dibangun, proses membersihkan rumah tentu lebih mudah. Namun, bukan berarti Anda tak membersihkan seluruh area.
 
Biasanya rumah baru meninggalkan banyak debu bekas konstruksi yang dapat menempel. Bersihkan dengan penyedot debu hingga ke seluruh area.
 
Berikan kamar mandi, termasuk toilet, dan permukaan sanitasi. Pastikan Anda telah mengepel seluruh lantai.
 
Jika Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa menyewa jasa pembersihkan rumah agar tugas Anda lebih ringan. Pastikan untuk mengecek pekerjaannya agar tak ada yang tertinggal.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif