5 tips dekorasi ala japandi. Foto: Shutterstock
5 tips dekorasi ala japandi. Foto: Shutterstock

Hadirkan Dekorasi ala Japandi di Rumah

Properti desain interior Dekorasi Rumah Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 25 Juni 2021 12:09
Jakarta: Jepang dikenal dengan gaya hidup yang seimbangan dan minimalis, termasuk dalam hunian. Begitu pula dengan gaya skandinavia yang juga memegang prinsip keduanya.
 
Adaptasi dari gaya Jepang dan Skandinavia, maka lahirlah Japandi. Kedua gaya tersebut dianggap sangat cocok karena mengedepankan prinsip minimalis dan fungsional.
 
Selain itu, Japandi juga menciptakan kesan yang dekat dengan alam sekaligus ruang yang memiliki nilai seni. Meski demikian, Japandi sangat mudah diterapkan di rumah Anda.
 
Desainer interior Lita Lee dari Crave Interiors dan Rhiannon Lee dari Oleander dan Finch Interiors menunjukkan lima cara untuk menerapkan gaya Japandi ke rumah, dikutip The Spruce.

1. Kesederhanaan

Cara terbaik untuk membuat desain Japandi adalah dengan menggunakan perabot yang sesuai dengan tujuan ruang tersebut. Gaya ini mengutamakan kesederhaan, maka gunakan barang-barang seminimal mungkin namun fungsional.
 
Japandi lebih dari sekadar gaya trendi, ini juga gaya hidup. Dengan gaya minimalis, Anda bisa menerapkan kesederhanaan, fungsionalitas, dan ruang untuk bernafas.

2. Terbuka

Ruang terbuka memungkinkan cahaya alami masuk dan mengalir ke dalam rumah adalah suatu keharusan pada gaya Japandi. 
 
"Minimalisme Jepang dan Skandinavia di area terbuka memberikan perasaan kelapangan dan ketenangan secara keseluruhan," jelas Rhiannon. 
 
Salah satu cara untuk mendapatkan tampilan ini tak harus merobohkan dinding, Anda cukup menggunkan furnitur yang lebih pendek.
 
Gunakan bangku yang lebih pendek, kursi berlengan, meja kopi, dan jangan ragu untuk memadupadankan furnitur yang berbeda untuk menambah tekstur dan kontras. 

3. Kualitas di atas kuantitas

Saat memilih aksesori dan furnitur, pilih yang multifungsi dan juga tahan lama. Saat membeli furnitur pikirkan bahwa ini akan menjadi investasi jangka panjang.

4. Pilih warna netral

Warna-warna dengan palet natural paling cocok untuk desain Japandi. Anda bisa menggunakan warna-warna seperti beige, krem, atau cokelat muda. 
 
"Gunakan warna netral seperti gaya Skandinavia yang dipadukan dengan kayu dan bahan mentah gaya Jepang yang lebih gelap," kata Rhiannon.
 
Palet netral tidak harus membosankan. Kunci untuk membuatnya benar-benar menonjol adalah dengan kontras warna yang mencerminkan gaya tradisional Jepang. 
 
"Pikirkan warna biru, abu-abu gelap, warna tanah untuk memberi kesan kontra pada warna netral Skandinavia," ujar Rhiannon. 

5. Jaga agar tetap alami

Bahan alami adalah elemen lain dalam gaya Japandi, terutama bahan marmer, kulit, kayu, bambu, rotan, bulu, permadani, pot terakota, hingga wol.
 
Lita menyarankan untuk menggunakan keramik, buku, tanaman, dan barang-barang yang menenangkan bantal, lilin, dan atau barang apapun yang memberikan ketenangan bagi Anda.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif