Cari Furniture? Awas Lapar Mata
Pedagang mengatur rotan kerajinan di tokoknya di Bandung. Antara Foto/Raisan Al Farizi
Jakarta: Ada banyak peran vital furniture yang membuatnya harus dipilih penuh perhitungan. Berkat ada furniture rumah terasa kita lebih nyaman, barang-barang tidak tercecer berantakan dan pastinya jadi lebih menarik.

Perhitungan matang sangat diperlukan agar furniture yang dibeli tidak malah membuat rumah acak-acakan. Paling penting rekening tabungan pun tetap aman. Unsur fungsi, kesamaan tema dan harga adalah panduan agar kita tidak 'lapar mata' ketika jalan-jalan di toko atau pameran furniture.


Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Lea Avilliani Aziz berbagi tips agar berburu furniture menjadi lebih bermanfaat dan tentunya tak sekedar 'lapar mata'.

Sesuaikan kebutuhan

Pertama dan menjadi yang paling penting adalah sesuikan dengan kebutuhan hunian. "Kita pergi ke tempat pameran atau ke toko furniture biasanya kita jadi 'haus', makanya yang terpenting saat membeli furniture adalah harus sesuai kebutuhan, jangan sampai nanti tidak terpakai," katanya kepada Medcom.Id.

Perhatikan luas ruangan

Ingat baik-baik luas dan komposisi ruangan tempat furnitur baru akan diletakkan. Catat ukurannya dengan seksama. Jangan sampai terlalu makan tempat sehingga sehingga kita malah tidak bisa lewat.

"Kita harus mengetahui berapa luas ruangan yang akan kita isi furniture. Kita juga harus tahu tinggi plafon, misalnya saat kita beli lemari harus tahu dulu tingginya. Bisa juga sesuaikan dengan rumah, kalau rumahnya tidak terlalu besar, terus kita jangan beli (furniture) yang besar, sebaliknya kalau rumahnya besar, jangan beli (furniture) kursi yang kecil-kecil," paparnya.

Sesuaikan tema

Saat ini ada beberapa tema yang dapat diaplikasikan dalam sebuah desain interior rumah maupun kantor. Seperti art deco, modern classic atau vintage. Terpenting dalam membeli furniture adalah menyesuaikan dengan tema.

"Meski sekarang era mix and match, tapi jangan sampai melantur. Misalnya ingin membuat tema vintage, pastikan membeli furniture ke tema itu atau mendekati tema itu. Itu membuat rumah menjadi lebih baik," ungkapnya.

Hal utama dalam membeli furniture adalah pastikan fungsinya. Jangan karena bagus atau ikut-ikutan trend kita membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan dan akhirnya tak terpakai. Jangan lupa anggaran yang mampu kita sediakan.

Selamat berburu perabot



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id