Maket perumahan baru dalam sebuah pameran. file/Antara Foto/Rekotomo
Maket perumahan baru dalam sebuah pameran. file/Antara Foto/Rekotomo

Begini Tahapan Ikut Lelang Rumah Online

Properti pelelangan
Rizkie Fauzian • 18 Februari 2018 08:16
Jakarta: Mengikuti lelang rumah aset sitaan bank, tak ubahnya belanja online. Rrelatif mudah karena semua datanya sudah dipaparkan di dalam 'marketplace' lelang rumah milik bank yang bersangkutan.
 
Anda tertarik ikut lelang rumah secara online? Atau ingin melihat-lihat dahulu? Berikut tahapannya;
 
1. Mendaftar ke situs lelang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kunjungi situs lelang Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) untuk melihat daftar dan jadwal lelang. Terdapat beberapa isian yang harus diisi untuk calon penawar. Setelah terverifikasi Anda akan mendapatkan email notifikasi untuk mengaktifkan username Anda.
 
2. Pilih objek lelang
 
Setelah akun aktif, Anda bisa langsung sign-in dan mengikuti lelang secara online. Pilihlah properti yang Anda inginkan melalui daftar properti yang dilelang berdasarkan kantor wilayah yang mencakup seluruh Indonesia.
 
3. Daftar dan bayar
 
Setelah memilih objek lelang yang diinginkan, Anda diwajibkan mendaftarkan nomer identitas KTP dan NPWP. Selanjutnya Anda harus mendaftarkan rekening atas nama pribadi untuk kemudian mendapatkan nomor Virtual Account (VA) yang dipake setor uang jaminan.
 
4. Mulai proses lelang
 
Setelah dana disetorkan ke VA dan diterima Kantor Pelayanan dan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Anda akan mendapatkan nomer token yang kemudian menjadi kode pembuka melakukan penawaran. Anda dapat melakukan proses penawaran berulang kali hingga waktu lelang ditutup.
 
Begini Tahapan Ikut Lelang Rumah Online5. Pengumuman pemenang
 
Pada saat tanggal lelang ditutup, akan ada sistem yang otomatis merekapitulasi penawaran harga yang dapat dilihat melalui aplikasi maupun email masing-masing peserta lelang. Email pemberitahuan akan diberikan kepada pemenang dan juga seluruh peserta lelang beserta hak dan kewajibannya.
 
Bila ternyata Anda kalah dalam lelang, uang jaminan akan dikembalikan. Bila memang lelang, Anda diminta melunasi minimal lima hari kerja setelah pengumuman hasil akhir lelang. Pemenang lelang dikenakan biaya lelang sebesar 2%-5% dan wajib membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).
 
Praktis kan? Memang. Meski demikian, jangan lupa untuk menyempat waktu melihat langsung kondisi rumah yang dilelang oleh bank. Terlebih bila rumah yang diincar akan ditempati sendiri. Pastikan bagaimana akses transportasi, kondisi lingkungannya dan keberadaan fasus/fasos.
 
Ingat bahwa yang dilelang sudah pasti bukan rumah baru dan foto yang ditampilkan sering tidak mampu menjawab semua keingintahuan kita. Perhitungkan berapa biaya perbaikan yang harus dikeluarkan. Inilah patokan untuk menentukan pergerakan harga lelang masih layak Anda tawar.
 

 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif