Tahapan penting sebelum merenovasi dapur. Foto: Shutterstock
Tahapan penting sebelum merenovasi dapur. Foto: Shutterstock

Simak, 7 Tahapan Penting Sebelum Renovasi Dapur

Properti desain interior Dekorasi Rumah Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 05 Mei 2021 10:01
Jakarta: Jika Anda mulai bosan dengan tampilan dapur, renovasi adalah salah satu caranya. Anda bisa mengubah tampilan dapur lebih segar dan kekinian.
 
Sayangnya, proses renovasi dapur menyedot dana dan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda perlu persiapan matang yang Sebelum memulai renovasi dapur.
 
Berikut ini ada enam hal yang harus Anda perhatikan sebelum renovasi dapur dikutip dari Houzz.

1. Sesuai kebutuhan

Mencari tahu kebutuhan renovasi dapur Anda. Misal, gaya dapur yang diinginkan, luas dapur, atau perlukah penambahan peralatan dapur.
 
Untuk memudahkan, mulailah mengumpulkan referensi foto dapur dengan fitur yang sesuai gaya keinginan Anda. Kemudian, Anda bisa mengaplikasikannya di dapur, tentu saja sesuai dengan kebutuhan.

2. Anggaran

Hal utama dalam perencanaan adalah anggaran. Anda harus memperhatikan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membuat dapur impian.

3. Pakai tenaga profesional

Jika Anda anggaran dana renovasi dapur Anda lebih dari cukup, pertimbangkan untuk menyewa tenaga profesional seperti desainer, arsitektur, atau kontraktor.
 
Tenaga profesional akan membantu Anda menyelesaikan segala sesuatu mulai dari perencanaan ruang, anggaran, memilih barang dan perlengkapan, belanja, memesan produk, hingga renovasi selesai.

4. Cari inspirasi

Jika menggunakan tenaga profesional, konsultasikan desain seperti apa yang cocok dengan ruangan dan dana. Jika renovasi dilakukan sendiri, cari inspirasi dari majalah atau internet.

5. Fokus rencana awal

Fase ini mencakup sketsa, perencanaan ruang, denah lantai awal, hingga ukuran kabinet. Anda harus fokus dengan rencana awal.
 
Tak jarang banyak orang terjebak dengan tampilan yang terlalu dini sehingga di tengah perjalanan proses renovasi jadi teralihkan dan menyimpang dari rencana awal.

6. Perabot

Setelah proses renovasi rampung, perhatikan kembali perlengkapan atau perabot dapur yang Anda gunakan. Apakah setelah renovasi selesai ada perabot lain yang dibutuhkan, atau justru setelah renovasi beberapa perabot lama tampak tak cocok dengan desain dapur.

7. Periksa kembali

Setelah konstruksi selesai, periksa ulang apakah ada bagian yang kurang rapi, atau yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.
 
Beritahukan kekurangan tersebut kepada kontraktor atau tukang bangunan untuk diperbaiki. Tak dapat dihindari bahwa kontraktor mungkin harus melakukan beberapa kunjungan kembali ke rumah untuk menyelesaikan perbaikan setelah renovasi usai.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif