Benda yang paling kotor di kamar tidur. Foto: Shutterstock
Benda yang paling kotor di kamar tidur. Foto: Shutterstock

6 Benda di Kamar Tidur Ini Wajib Dibersihkan Secara Rutin

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah kamar tidur
Rizkie Fauzian • 20 September 2021 13:30
Jakarta: Menjaga kebersihan wajib dilakukan secara rutin, terutama kamar tidur. Kamar tidur yang kotor dan berdebu membuat istirahat Anda terganggu.
 
Mengganti seprai, mengelap, menyapu hingga mengepel kamar tidur mungkin telah Anda lakukan setiap hari. Namun, ada beberapa benda yang luput dibersihkan.
 
Berikut ini, lima benda di kamar tidur yang lupa untuk dibersihkan dan menyimpan kuman dan bakteri, dikutip The Spruce

1. Bantal

Setelah hari yang panjang dan berat, Anda mungkin menghela nafas lega ketika kepala Anda menyentuh bantal. Sayangnya, bantal dengan cepat menumpuk bakteri, spora jamur, dan tungau debu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bantal harus diganti setidaknya setahun sekali jika tidak bisa dicuci. Gunakan penutup anti alergi untuk melindungi bantal Anda, dan ganti sarung bantal setiap beberapa hari.
 
Bantal yang telah lama digunakan biasanya memiliki bentuk yang tak karuan dan membuat tidur Anda kurang nyaman. Sebaiknya segera ganti segera.

2. Kasur 

Anda menghabiskan sepertiga dari hidup Anda di kasur yang menjadi tempat kulit mati, cairan tubuh, tungau debu, bakteri, debu, dan kotoran lainnya.
 
Kasur harus dibersihkan rutin seperti halnya kamar tidur Anda lainnya. Anda juga bisa membeli penutup atau mattress yang anti tungau debu, cairan, dan partikel kecil.

3. Tanaman

Meski tanaman membantu membersihkan udara, namun jika Anda menyiramnya secara berlebihan maka akar tanaman menjadi busuk dan kemungkinan tumbuh jamur. 
 
Solusinya siram tanaman hias hanya di bagian ketika tanahnya benar-benar kering, dan jangan pernah membiarkan air tergenang. Penting juga untuk memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran kamar, dan kondisi ruangan. 

4. Kenop pintu

Anda menyentuh kenop pintu saat masuk dan keluar kamar hampir setiap hari. Terkadang Anda lupa untuk mencuci tangan setelah seharian dari luar sehingga kuman dan bakteri mungkin menempel pada kenop.
 
Untuk itu, penting untuk membersihkan dengan baik agar kuman dan bakteri yang tertinggal. Pastikan untuk menyeka setiap kenop di kamar, termasuk di pintu kamar mandi dan lemari.

5. Karpet

Karpet merupakan dekorasi lantai yang biasanya ada di kamar tidur. Karpet yang sering terinjak-injak tentu menyimpan debu, kotoran, bulu binatang, dan kotoran dari sepatu dan kaki.
 
Bersihkan karpet kamar tidur setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Dan ganti setiap beberapa bulan. 

6. Saklar

Sama seperti kenop pintu, saklar juga sering Anda sentuh. Bersihkan saklar lampu dengan mengelapnya dengan tisu basah disinfektan.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif