Cara mencuci handuk. Foto: Shutterstock
Cara mencuci handuk. Foto: Shutterstock

Jangan Salah, Begini Cara Mencuci Handuk yang Benar

Rizkie Fauzian • 11 April 2022 18:56
Jakarta: Handuk yang lembab bisa menjadi sarang kuman apalagi jika Anda tidak rutin menggantinya. Maka dari itu, penting untuk menjaganya tetap bersih agar terhindar dari penyakit.
 
Namun seberapa sering Anda mengganti handuk di rumah? Atau berapa kali Anda harus mencuci handuk?  Sebenarnya, Anda harus mencuci handuk minimal setelah tiga kali penggunaan.
 
Handuk juga hanya boleh digunakan oleh satu orang dan tidak boleh digunakan bersama, terutama saat musim flu. Hal ini untuk mengurangi penyebaran bakteri di antara anggota keluarga atau orang yang berbagi ruang yang sama.
 
Handuk harus digantung sedemikian rupa sehingga benar-benar kering. Handuk tidak boleh ditumpuk di lantai karena bakteri tumbuh dengan cepat di lingkungan yang lembab.
Berikut ini cara mencuci handuk yang tepat.

Cara mencuci handuk 

Jangan Salah, Begini Cara Mencuci Handuk yang Benar
1. Pisahkan handuk putih dari handuk berwarna.
 
2. Cuci handuk putih Anda dengan air panas untuk membunuh kuman. Namun perhatikan bahan handuk Anda apakah tahan terhadap air panas atau tidak.
 
Cuci handuk berwarna dalam air hangat dengan deterjen. Jika handuk Anda berbau atau jamur, tambahkan secangkir cuka putih ke dalam cucian Anda.
 
3. Keringkan handuk dengan mesin cuci, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung. Pastikan handuk benar-benar kering sebelum melipat dan menyimpan.
 
Selalu cuci handuk saat pertama kali membeli. Beberapa produsen menggunakan bahan kimia tambahan untuk membuat handuk terlihat lembut. Mencuci sebelum digunakan juga akan membantu mengurangi serat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


4. Cara mencuci handuk dengan cuka dan baking soda 
 
Masukkan handuk Anda ke dalam mesin cuci dengan secangkir cuka putih sebagai pengganti detergen cuci, lalu cuci dengan siklus panas. Saat Anda mencapai siklus pembilasan, tambahkan setengah cangkir baking soda, dan jalankan siklus pencucian seperti biasa. Keluarkan handuk Anda, dan keringkan.
 
Hal yang harus diperhatikan Selalu biarkan handuk benar-benar kering. Jangan pernah meninggalkan handuk di lantai atau menaruhnya sembarangan. 

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif