Pekerjaan pembangunan sebuah tower apartemen di Jakarta Selatan. dok/MI/Arya Manggala
Pekerjaan pembangunan sebuah tower apartemen di Jakarta Selatan. dok/MI/Arya Manggala

Pasar Properti Jakarta Mulai Jenuh?

Properti bisnis properti kpr
Rizkie Fauzian • 04 Januari 2019 09:09
Jakarta: Harga properti nasional di awal 2018 tercatat mengalami penurunan. Meski demikian, hal tersebut merupakan dinamika yang selalu terjadi di awal tahun.
 
Perlambatan ini menjadi indikasi harga hunian properti di Ibu Kota mendekati titik jenuh. Daya beli pasar mayoritas berada pada kisaran menengah dan menengah bawah yang suplai justru lebih banyak tersedia di luar DKI Jakarta.
 
Data Rumah.com Property Price Index menunjukkan pada kuartal I-2018 tercatat harga turun 0,83 persen bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pada kuartal II-2018, index kembali menyentuh angka 105,9. Ini adalah Index tertinggi sejak 2015. Index kemudian bergerak naik sebesar 2,3 persen di kuartal III menjadi 108,3.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara tahunan, Rumah.com Property Price Index secara nasional pada kuartal III-2018 mengalami kenaikan sebesar 4 persen. Pada periode yang sama tahun lalu, Index tercatat mengalami penurunan sebesar 1 persen.
 
Sementara khusus di wilayah DKI Jakarta kuartal III-2018 berada pada angka 127,2 atau naik 3 persen secara tahunan. Meski demikian, pertumbuhan ini melambat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 11 persen.
 


 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif