Khayrbak, Jejak Kesultanan Ottoman di Mesir
Masjid indah ini berada di kawasan kota tua Kairo yang saat ini cenderung kumuh. AFP Photo/Khaled Desouki
Kairo:Masjid yang satu ini berada dalam komplek pemakaman. Masjid Khayrbak berada di Bab al-Wajir, Kairo, Mesir, yang merupakan kawasan kota tua dan cenderung kumuh.

Namun pada masanya, Bab al-Wajir adalah kawasan yang ramai dan menjadi salah satu pusat kebudayaan.  Masjid yang dibangun dengan madrasah pada 1293 itu adalah salah satu termegah di Mesir.



foto: cairo360

Arsitektur

Kompleks bangunan tersebut memiliki arsitektur Mamluk bergaya Sirkasia (Burji) yang dibangun selama abad pertengahan. Fasad kubahnya berhias ukiran bermotif motif bunga berlapis dua.

Sebuah menara dibangun menjulang di sebelah kubah berbentuk geometris yang diukir pada poros bata. Batas menara terbuat dari balok batu yang diambil dari bangunan fir'aun.

Pintu masuk masjid dibuat melengkung dan ditutupi hiasan muqarnas. Muqarnas berarti "kubah stalaktit", dan merupakan ornamen arsitektur yang dikembangkan di sekitar pertengahan abad ke-10 dan digunakan dalam arsitektur tradisional Persia.


foto: cairo360

Jendela melengkung menghiasi wajah mausoleum. Sedangkan jendela bawah berbentuk persegi panjang. Dekorasi lainnya termasuk panel batu berukir dan daun jendela yang berbentuk unik.

Bagian dalam bangunan berbentuk segi panjang dengan atap menjulang. Jendela menghiasi setiap dinding masjid dengan hiasan berupa kaca patri. Beberapa bagian dinding juga dihiasi oleh tulisan kaligrafi dari ayat-ayat Al-Qur'an.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id