Sipetruk digunakan untuk mengawasi kualitas rumah subsidi yang dibangun oleh pengembang. Foto: Shutterstock
Sipetruk digunakan untuk mengawasi kualitas rumah subsidi yang dibangun oleh pengembang. Foto: Shutterstock

Cek Kualitas Rumah Subsidi dengan SiPetruk

Properti perumahan sejuta rumah bedah rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 27 November 2020 18:56
Jakarta: Pemerintah menyiapkan aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi) bagi para pengembang untuk memastikan kualitas hunian yang dibangun.
 
Direktur Operasi Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Martanto Boedi Joewono menjelaskan bahwa aplikasi ini terintegrasi  singel ID dengan Aplikasi SIKI (Sistem Infromasi Kontruksi Indonesia) Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).
 
"Sehingga user dan password untuk login ke aplikasi Sipetruk sama dengan login ke Aplikasi SIKI," katanya dikutip dari laman PPDPP, Jumat, 27 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara teknis, aplikasi ini akan dilaksanakan oleh Manajemen Konstruksi (MK) yang telah terdaftar di LPJK dengan konsep kemitraan.
 
MK akan mengunjungi lokasi perumahan sesuai notifikasi pengajuan pemantauan dari para pengembang perumahan yang telah terdaftar pada aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).
 
MK kemudian akan memantau konstruksi dan mengisi data sesuai dengan menu yang disediakan oleh SiPetruk yang telah menggunakan Artificial Intelegency (AI).
 
"Apabila seluruh proses isian yang dipersyaratkan oleh SiPetruk telah terpenuhi dan sesuai, maka unit rumah tersebut siap menjadi objek agunan KPR," ujarnya.
 
Martanto juga memastikan dalam pengambilan data di lapangan dapat dilakukan tanpa jaringan internet. Jangkauan koneksi internet tidak menjadi masalah di lapangan, karena MK foto yang direkam di lokasi dapat diunggah ketika telah memperoleh sinyal.
 
Lebih lanjut Martanto menuturkan, meskipun aplikasi ini cenderung dimanfaatkan bagi para pengembang perumahan, namun bank pelaksana juga dapat menerima manfaat dari aplikasi SiPetruk, yaitu dengan memperoleh kemudahan dokumen kelayakan karena telah diintegrasikan dengan sistem di bank pelaksana, karena akan diintegrasikan dengan sistem host to host di bank pelaksana.
 
Selain SiPetruk, ada juga Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) yang dinilai menjadi solusi sektor perumahan di tengah pandemi covid-19.
 
Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) Heri Eko D. Poerwanto menatakan kehadiran inovasi seperti saat ini yang mengharuskan adanya pembatasan kontak fisik.
 
"Keberhasilan sistem tersebut dibuktikan dengan realisasi penyaluran dan berbagai penghargaan yang diterima oleh PPDPP pada 2020," ungkapnya.
 
Heri Eko meminta pada bank pelaksana untuk dapat segera beradaptasi terhadap pengembangan teknologi yang terus dilakukan PPDPP.
 
Heri Eko juga menekankan bank pelaksana untuk segera menuntaskan kebutuhan MoU (Memorandum of Understanding) dalam persiapan PKO (Perjanjian Kerjasama Operasional) penyaluran FLPP 2021 yang akan dilaksanakan pada Desember 2020 mendatang.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif