Huntap di Palu yang dibangun Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR
Huntap di Palu yang dibangun Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR

Hunian bagi Korban Bencana Palu Terhambat Korona

Properti Virus Korona Gempa Bumi perumahan
Antara • 07 April 2020 16:57
Palu: Pembangunan hunian tetap (huntap) bagi penyintas bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Kelurahan Tondo, Kota Palu, Sulawesi Tengah, tetap berjalan seperti biasa.
 
"Pembangunan huntap tetap berjalan, namun kami mengalami kendala berkaitan dengan adanya penyebaran covid-19," ucap eksternal relation and partnetship Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Andry di Palu, Selasa, 7 April 2020.
 
Yayasan Budha Tzu Chi, mengalami kendala dalam pengiriman bahan kebutuhan pembangunan huntap berkaitan dengan adanya pandemi covid-19. Namun, pada Mei sebelum Idul Fitri, penyintas bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu telah dapat menempati hunian itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rencana ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi," katanya dan menambahkan bahwa Budha Tzu Chi mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, karena itu buruh juga diberikan APD berupa masker sebanyak 2.000 buah.
 
Selain itu, Budha Tzu Chi juga menyediakan dua unit rumah/hunian di lokasi pembangunan huntap sebagai tempat/posko kesehatan.
 
"Ini dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, sekaligus upaya untuk tetap mencapai target pe,bangunan," ujarnya.
 
Budha Tzu Chi akan membangun 1.500 huntap di Kelurahan Tondo untuk penyintas bencana 28 September 2018. Saat ini, jumlah huntap yang telah selesai dibangun dan siap huni telah mencapai ratusan unit.
 
Berkaitan dengan itu, Ketua Fraksi NasDem di DPRD Kota Palu, Muslimun mengapresiasi Budha Tzu Chi karena tetap melakukan pekerjaan pembangunan di tengah adanya wabah pademi covid-19.
 
Ia berharap kepada semua pihak utamanya penyintas bencana untuk bersabar dengan tetap bekerja sama mematuhi himbauan pemerintah dalam pencegahan dan antisipasi penyebaran covid-19, agar wabah penyakit ini segera berakhir.
 
"Butuh kerja sama semua pihak untuk mencegah dan mengakhiri penyebaran virus covid-19 ini," ujar Muslimun yang merupakan Anggota Komisi Bidang Pembangunan DPRD Palu.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif