Rumah menengah masih prospektif di Jakarta
Maket rumah kelas menengah di sebuah pameran properti. Antara Foto
Jakarta:Proyek property baru di Jakarta selama beberapa tahun terakhir didominasi apartemen dan hunian tapak mewah. Padahal proyek rumah kelas menengah jauh lebih besar pasarnya di Jakarta.

Demikian kesimpulan hari survey DPD Real Estate Indonesia (REI) Jakarta yang digelar pada sepanjang tahun lalu. Sebanyak 50 persen pengembang memilih Jakarta sebagai tempat pengembangan rumah tapak dengan harga per unit Rp 300-an hingga Rp 500-an juta.


Lokasi berikutnya adalah Bekasi di posisi kedua dengan persentase 25 persen. Kemudian Bogor, Tangerang, Depok dan Bandung. Pilihan yang wajar karena isu keterbatasan lahan membuat harga rumah tapak kelas menengah di Jakarta sangat sulit dijual dengan harga kurang dari Rp 1 miliar.

Survei ini juga memperlihatkan sebanyak 27 persen pengembang memilih membangun rumah kelas atas. Sisanya rumah kelas mewah, subsidi dan sederhana yang kurang dari 10 persen.

Survei dengan responden 350 pengembang menyebutkan 44 persen pengembang menyebut rumah sederhana dan apartemen strata masih menjadi proyek menarik untuk 2018-2019. Sementara 30 persen menyebut perumahan menengah atas yang menarik di tahun ini.

Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan tentang produk properti yang dianggap paling memberikan kinerja terbaik di 2017. Sebanyak 28,5 persen pengembang mengakui jika perumahan murah masih yang terbaik. Sementara 27 persen menyatakan apartemen strata sebagai produk properti yang memberikan kinerja terbaik di 2017.

Sementara itu dari segi pembayaran untuk rumah tapak, mayoritas konsumen menggunakan skema pembayaran kombinasi yakni cicilan developer, KPR, dan tunai keras. Tercatat sebanyak 55 persen menggunakan skema pembayaran kombinasi.

Sedangkan skema pembayaran untuk apartemen hampir sama dengan rumah tapak, yakni pembayaran kombinasi yang meliputi cicilan developer, KPR, dan tunai keras. Sebanyak 78 persen memilih menggunakan skema pembayaran kombinasi.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id