Politisi PDIP John Wempi Wetipo. Foto: MI/Ramdani
Politisi PDIP John Wempi Wetipo. Foto: MI/Ramdani

John Wempi Wetipo, Putra Papua Jadi Wamen PUPR

Properti Kabinet Jokowi-Maruf Berita Kementerian PUPR
Antara • 25 Oktober 2019 14:30
Jakarta: John Wempi Wetipo ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dirinya akan mendampingi Basuki Hadimuljono selama periode 2019-2024.
 
"Saya dipanggil untuk membantu PUPR," kata Wempi saat konferensi pers usai dipanggil Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Wempi lahir di Jayawijaya, Papua, pada 15 September 1972. Dirinya pernah bersekolah di Universitas Cenderawasih di kota Jayapura, Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai seorang politisi dari PDI Perjuangan, Wempi meniti karir sebagai pegawai negeri pada 1996. Karirnya secara perlahan mulai menanjak hingga ditunjuk sebagai Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Jayawijaya.
 
Kemudian pada 2008, dirinya berpartisipasi dalam Pemilihan Bupati Jayawijaya dan berhasil meraih suara rakyat. Kemudian melanjutkan kepemimpinanya sebagai Bupati pada 2013–2018.
 
Pada 2018, Wempi Wetipo kembali mengikuti Pemilihan Umum Gubernur Papua. Namun harus kalah melawan petahana, Lukas Enembe.
 
Sebagai Wamen PUPR, Wempi diberikan tugas mempercepat pembangunan infrastruktur wilayah Indonesia bagian timur. Dia juga diminta memperketat pengawasan pembangunan infrastruktur.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif