Apa kabar KPR khusus atlet?
Komplek rumah murah layak huni di Palu, Sultra. Proyek KPR untuk atlet menjadi bagian program 1 Juta Rumah Kementerian PUPR.. Antara Foto/M Hamzah
Jakarta: Atas prestasinya jadi juara dunia, Lalu Muhammad Zohri, dijanjikan mendapat bonus sebuah rumah. Bahkan rumah yang sekarang dihuninya bersama keluarga di Lombok Utara, sedang direnovasi oleh TNI AD.

Tetapi tak semua atlet seberuntung sprinter peraih medali emas dalam Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Tampere, Finlandia. Banyak atlet berprestasi yang kesulitan mendapatkan rumah layak huni karena keterbatasan finansial.


Kabar baiknya, Bank BTN mempersiapkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khusus atlet. Sementara ini program hanya ditujukan bagi atlet peserta Asian Games 2018. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) digandeng untuk melakukan verifikasinya.

"Sampai saat ini masih dalam proses MoU, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan tandatangani," kata Plt Sekjen KOI, Hellen Sarita Delima kepada Medcom.id.

Bagi atlet yang ingin memperoleh bantuan pembiayaan kredit rumah dari BTN, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya hanya atlet peraih medali yang berpeluang memperoleh KPR atlet.

Bagaimana dengan mantan atlet ataupun atlet difabel? Mereka juga butuh kemudahan mendapatkan rumah layak huni.

"Yang lain (atlet) masih kami pelajari, nanti kalau sudah ada dikabari kembali. Minggu depan mungkin," jawab Hellen.



 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id