Percepat penyerapan rumah murah melalui aplikasi yang dimiliki Kementerian PUPR. Foto: Shutterstock
Percepat penyerapan rumah murah melalui aplikasi yang dimiliki Kementerian PUPR. Foto: Shutterstock

Percepat Penyerapan Rumah Murah Melalui Aplikasi

Properti perumahan sejuta rumah bedah rumah Berita Kementerian PUPR
Antara • 03 Juni 2020 16:59
Jakarta: Di masa pandemi covid-19, Perum Perumnas berharap Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) dapat mengembangkan aplikasi pengolahan big data untuk mempercepat penyerapan perumahan khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
 
"PPDPP dapat mengembangkan inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan dari mengolah big data untuk mempercepat penyerapan perumahan bagi MBR di seluruh wilayah Indonesia," ujar Direktur Pemasaran Perumnas Anna Kunti Pratiwi dalam Focus Group Discussion (FGD), Rabu, 3 Juni 2020.
 
Anna berharap Perumnas bisa terintegrasi dengan sistem eksternal seperti Sikumbang atau Sikasep milik PPDPP. Dirinya juga berharap dapat masuk dalam beberapa portal dari mitra perbankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harapkan dengan sistem integrasi internal Perumnas dengan portal atau sistem dari para sehingga kita bisa bersinergi dalam pemenuhan dan permintaan (rumah)," kata Anna.
 
Terkait pemanfaatan geospasial di Perumnas, terdapat aplikasi untuk pertanahan yang dinamakan Sistem Informasi Pertanahan atau SINTA.
 
"Ini sebetulnya aplikasi internal kami yang diharapkan bisa terintegrasi dengan BPN untuk mempermudah pendataan pertanahan kita," ungkapnya.
 
Anna menambahkan, integrasi tersebut tidak harus dilakukan secara langsung, tetapi bisa dilakukan secara bersinergi misalnya aplikasi Sikumbang dengan aplikasi-aplikasi lainnya.
 
"Hal tersebut untuk mengetahui pengelolaan lahan Perumnas atau bagaimana bisa mengembangkan suatu kawasan baru, atau bagaimana strategi Perumnas untuk pengembangan kawasan yang baru," jelas Anna.
 
Apabila nanti datanya bisa lebih tajam lagi hingga ke kategori etnografis dan sebagainya, hal itu akan memperkaya penyebaran bukan hanya dari sisi jumlah dan permintaan melainkan juga karakter konsumennya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif