Tren pencarian properti melalui internet meningkat dua kali lipat. (Foto: Shutterstock)
Tren pencarian properti melalui internet meningkat dua kali lipat. (Foto: Shutterstock)

Tren Milenial Berburu Properti via Internet Meningkat

Properti bisnis properti generasi milenial
Rizkie Fauzian • 17 Mei 2019 12:12
Jakarta: Tren pencarian properti melalui internet meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Hal ini sejalan dengan tingginya kebutuhan informasi pada era digital, terutama seputar properti.
 
"Semakin banyak orang memiliki aspirasi terhadap properti, mengalahkan dominasi persentase first time home buyers dalam dua tahun terakhir," ujar Country GM Rumah123 Maria Manik, dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Menurut Maria, seperti yang tercatat di situs Rumah123.com permintaan properti juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, baik dari sisi penjualan maupun sewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Khusus untuk sewa, pertumbuhannya bahkan dua kali lipat daripada persentase penjualan. Apartemen mengalami peningkatan permintaan yang tinggi dibandingkan rumah, yang meningkat hingga 42,85 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata dia.
 
Selain itu, berdasarkan Sentiment Survey yang diadakan Rumah123 dari 3.007 total responden, terdapat 26,29 persen responden berstatus sudah menikah melakukan pencarian rumah. Tak hanya untuk ditinggali, tetapi juga investasi.
 
Dari hasil tersebut, pencarian paling banyak dilakukan oleh milenial dengan rentang usia 22–28 tahun dan penghasilan Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.
 
"Mereka yang baru mencari tahu seputar pasar properti untuk dibeli atau bahkan investasi justru didominasi oleh millenial," katanya.
 
Tercatat juga beberapa pertimbangan masyarakat dalam membeli properti, yaitu lokasi (0,68 persen), harga (20,50 persen), fasilitas (20,03 persen), promo khusus (19,52 persen), dan desain (19,28 persen).
 
Sayangnya, masih banyak pelaku pasar properti yang belum mengetahui program KPR milenial, program khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hunian milenial. Setidaknya ada 70,54 persen tidak tahu mengenai program tersebut.
 
"Milenial banyak yang mengakses informasi melalui digital. Harapan ke depannya semua hal yang berkaitan properti, seperti KPR milenial ini, bisa ditelusuri dengan mudah dari internet,” ujar Maria Manik.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif