Kementerian PUPR mendorong pengembang sediakan lahan olahraga. Foto: Shutterstock
Kementerian PUPR mendorong pengembang sediakan lahan olahraga. Foto: Shutterstock

Pengembang Diminta Sediakan Lahan untuk Sarana Olahraga

Properti Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 18 Juni 2021 18:58
Sumatra: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pengembang perumahan untuk tetap menyediakan fasilitas umum berupa lahan untuk sarana olahraga bagi para penghuninya. 
 
Menurut Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, salah satu cabang olahraga yang kini tengah dikembangkan oleh Kementerian PUPR adalah olahraga gateball.
 
"Kami ingin agar di setiap perumahan yang dibangun pengembang nanti disediakan lapangan gateball meskipun hanya satu lapangan saja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khalawi menjelaskan, Kementerian PUPR saat ini berupaya mengenalkan olahraga gateball kepada masyarakat. Dirinya meyakini jika gateball akan meraih prestasi dan sejajar dengan cabang olahraga lain di Indonesia.
 
"Perkembangan olahraga gateball di Indonesia perlu memdapat dukungan dari semua pihak baik masyarakat termasuk para pengembang perumahan. Untuk itu, para pengembang ke depan diharapkan juga bisa menyediakan fasilitas umum untuk masyarakat berupa lahan untuk olahraga seperti gateball ini," jelasnya.
 
Khalawi menjelaskan, gateball memiliki kemiripan dengan olahraga golf namun tidak memerlukan biaya yang mahal. Olahraga yang merupakan modifikasi dari olahraga croquet ini dikembangkan pertama kali di Jepang dan mulai menyebar luas ke seluruh dunia.
 
Lapangan gateball berbentuk persegi pajang dengan ukuran garis dalam panjang 20-25 meter dan lebar 15x20meter. Lapangan dikelilingi dengan garis dalam (inside line) dan garis luar (outside line), dimana kedua garis tersebut berjarak 50-100 centimeter.
 
Lama Waktu permainan gateball berlangsung selama 30 menit. Gateball bisa dimainkan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, dan lima lawan lima. 
 
"Olahraga gateball adalah olahraga yang sangat murah seperti golf tapi biayanya nggak mahal dan baik untuk orang tua dan anak muda. Dengan bermain secara tim selama 30 menit otak kita jadi lebih fresh serta bagus untuk kekuatan jantung dan menghindari stroke dan pikun," katanya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif