5 Rumah Terkecil di Dunia
Diagone di Rhein, Jerman. lamudi.com
Di wilayah pusat kota keberadaan rumah dengan ukuran kecil saat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan. Fenomena ini sedang menjadi trend di berbagai kota di dunia yang menghadapi masalah sama dengan Jakarta.

Colorado  

Christopher Smith berhasil membangun sebuah rumah yang luasnya 11,52 meter persegi di Colorado, AS. Menariknya di rumah mungil ini punya dapur, tempat tidur rak buku dan lemari pakaian. Sang pemilik rumah kemdian membuat film yang mendokumentasikan kehidupan mereka dengan judul “A Story About Living Small.”


Rhein
Renzo Piano memperkenalkan karyanya yang diberi nama Diogene, sebuah rumah seluas 7,3 meter persegi di Rhein, Jerman. Hanya sedikit lebih besar dibanding tenda, tapi toh arsitek asal Italia tesebut bisa melengkapi Diogene dengan ruang keluarga, shower dan tempat tidur. Bahkan mampu menyupali tenaga listrik secara mandiri dari panel surya yang dijadikan atap.

Roma
Rumah karya Marco Pierazzi ini diklaim sebagai terkecil di Italia. Rumah yang cuma seluar 6.9 meter ini ada di gang sempit di Roma, Italia. Interior didesain sedemikian rupa sehingga meski minimalis tapi fungsional.  

Beijing
Di ibukota Tiongkok ini sedang dibangun rumah minimalis seluas cuma tiga meter persegi. Di dalamnya kamar mandi, dapur dan tempat tidur. Lebih mirip caravan sebab dilengkapi roda.

Berlin

Rekor terkecil dimenangkan arsitek bernama Van Bo le Mentzal yang punya desain rumah seukuran 1,02 meter persegi. Tapi dilengkapi dengan sebuah kursi, jendela dan pintu. Bahkan bisa digunakan untuk tidur dengan cara merebahkan posisi rumah, sturkturnya seketika berubah menjadi kasur built-in.
 



(KIE)