10 Gedung Ini Tertinggi di Jakarta
Salah satu sudut Jakarta yang penuh gedung pencakar langit. Antara Foto/Ahmad Subaidi
Jakarta: Tidak keliru menyebut Jakarta sebagai hutan beton. Jakarta yang saat ini punya hampir 400-an gedung, masuk dalam 10 besar kota di dunia dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak. Lebih banyak dibanding Dubai dan Tokyo.

Terus bermunculannya gedung-gedung setinggi ratusan meter tersebut seiring laju perkembangan ekonomi. Berikut ini berturut-turut 10 gedung tertinggi yang menghiasi Jakarta seperti dikutip dari Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH).


Gama Tower (286 meter)

Berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, gedung ini masih tercatat sebagai yang tertinggi di Indonesia. Di gedung yang memiliki 64 lantai ini, sebagiannya berupa ruang perkantoran dan sebagai lagi digunakan Westin Hotel.

Wisma 46 (261,9 meter)

Gedung dengan bagian atap yang ikonik ini cukup lama menempati ranking teratas gedung tertinggi di Jakarta. Dibangun di tahun 1996, gedung di perbatasan antara Jl Sudirman dengan Jl. MH Thamrin ini memiliki 46 lantai dan berada di komplek perkantoran Bank BNI.

Menara Astra (261 meter)

Gedung ini juga berada kawasan premium Sudirman, Jakarta Pusat. Terdapat 50 lantai di dalam gedung yang baru selesai tahun lalu digunakan sebagai perkantoran tersebut.

Sahid Sudirman Center (258 meter)

Gedung ini juga sering disebut The Sahid Sudirman Center. Gedung yang selesai dibangun pada 2015 ini memiliki 59 lantai.

Raffles Hotel (253 meter)

Raffles Hotel juga dikenal dengan nama Ciputra World Hotel Tower karena letaknya dalam komplek perkantoran dan pusat belanja Ciputra World Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan. Hotel yang selesai dibangun dua tahun lalu ini memiliki 52 lantai.

baca juga: Jakarta ungguli Dubai

The Pakubuwono Signature (252 meter)

Gedung berada di komplek The Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Gedung yang telah rampung pada 2014 memiliki 50 lantai dan merupakan salah satu gedung apartemen super eksklusif di Jakarta.

Sinarmas MSIG Tower (245 meter)

Gedung pencakar langit ini berada di Sudirman. Konstruksi gedung ini dimulai tahun 2012 dan selesai tahun 2015. Gedung yang terdiri dari 48 lantai sepenuhnya digunakan untuk perkantoran.

Menara BCA (230 meter)

Menara BCA berada dalam satu komplek dengan pusat belanja Grand Indonesia ini selesai dibangun pada 2008. Gedung milik Group Djarum ini memiliki 56 lantai dan sebagian besar ditempati oleh Bank BCA.

Keraton at the Plaza (226 meter)

Gedung ini berada dalam satu komplek pusat perbelanjaan Plaza Indonesia. Gedung dengan 48 lantai ini yang selesai dibangun tahun 2009. Sebagian berfungsi sebagai hotel dan sebagian lagi untuk apartement  super eksklusif

BTPN Office Tower (223 meter)

Gedung tertinggi terkakhir adalah milik Bank BTPN. Gedung ini selesai dibangun tahun 2016. Gedung yang berada di kawasan Mega Kuningan memiliki 48 lantai yang digunakan untuk perkantoran, terutama industri perbankan dan teknologi keuangan.

Di dalam komplek BTPN Office Tower juga sedang dibangun gedung 25 lantai yang akan dipakai sebagai hotel. Pekerjaan pembangunannya ditargetkan selesai tahun 2018.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id