Menteri PUPR mengingatkan  para penghuni untuk menyesuaikan diri tinggal di rusun. (Foto: dok: Kementerian PUPR)
Menteri PUPR mengingatkan para penghuni untuk menyesuaikan diri tinggal di rusun. (Foto: dok: Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Minta Penghuni Rusun Bertoleransi

Properti sejuta rumah
Rizkie Fauzian • 25 Maret 2019 13:13
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan lima rumah susun (rusun) di Provinsi Sumatera Selatan. Kelima rusun diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam memiliki hunian layak.
 
Lima rusun yang diresmikan adalah Rusun Universitas Sriwijaya (Unsri), Rusun Universitas PGRI Kota Palembang, Rusun ASN Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Rusun ASN Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, dan Rusun Pondok Pesantren (Ponpes) As Sidiqqiyah Kabupaten Ogan Ilir.
 
"Program pembangunan rusun tetap dilanjutkan bagi MBR, ASN yang bertugas di perbatasan, mahasiswa, dan santri,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan agar para penghuni menyesuaikan diri. Sebab, tinggal di hunian vertikal berbeda dengan rumah tapak. Salah satu kuncinya ialah sikap toleransi.
 
"Tinggal di rusun akan mengubah cara hidup kita. Harus banyak empati agar tinggal di rusun juga nyaman," kata Menteri Basuki.
 
Terdapat dua rusun mahasiswa yang diresmikan, yakni rusun Universitas Sriwijaya yang terdiri atas empat lantai dengan tipe 24. Rusun berjumlah 54 unit tersebut bisa menampung 204 mahasiswa.
 
Selanjutnya rusun Universitas PGRI terdiri dari tiga lantai dengan tipe 24. Rusun berjumlah 37 unit tersebut memiliki kapasitas untuk 144 Mahasiswa.
 
Kemudian Rusun Ponpes As Sidiqqiyah memiliki unit tipe barak dua lantai berkapasitas 72 santri, Rusun ASN Banyuasin terdiri atas tiga lantai yang berjumlah 34 unit untuk tipe 36 berkapasitas 126 orang ASN.
 
Menteri PUPR Minta Penghuni Rusun Bertoleransi
(Foto: dok: Kementerian PUPR)
 
Rusun ASN Musi Banyuasin terdiri atas tiga lantai berjumlah 34 unit tipe 36 berkapasitas untuk 126 orang ASN.
 
Seluruh Rusun yang diresmikan, dibangun pada tahun anggaran 2018 melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Sumatera Selatan. Seluruhnya sudah dilengkapi dengan fasilitas dasar yaitu air bersih, sanitasi, dan listrik.
 
Menteri PUPR Minta Penghuni Rusun Bertoleransi
(Foto: dok: Kementerian PUPR)
 
Selain furnitur berupa tempat tidur, lemari, meja, kursi, ada juga kamar dengan kamar mandi khusus difabel.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif