Aplikasi SiPetruk yang bertujuan untuk memantau konstruksi rumah subsidi. Foto: Kementerian PUPR
Aplikasi SiPetruk yang bertujuan untuk memantau konstruksi rumah subsidi. Foto: Kementerian PUPR

Pemerintah Pastikan SiPetruk Tak Hambat Penyaluran Subsidi FLPP

Properti rumah tapak Kementerian PUPR Rumah Subsidi FLPP
Rizkie Fauzian • 12 Mei 2021 21:21
Jakarta: Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) telah meluncurkan aplikasi aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi) untuk mengawasi pembangunan rumah subsidi.
 
Direktur PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan, di awal pengoperasian nanti, seluruh data awal yang dihimpun oleh para tenaga konstruksi melalui SiPetruk akan menjadi rujukan dan database bagi PPDPP. 
 
"Kita memperhatikan kondisi dan lahan di tiap daerah berbeda-beda, oleh karena itu Aplikasi SiPetruk ini akan sangat membantu, bukan malah menghambat," kata Arief dikutip dari laman resmi PPDPP, Rabu, 12 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, hal tersebut tentunya membutuhkan peran serta dan dukungan bersama dari para asosaisi pengembang perumahan. Melalui Aplikasi SiPetruk maka proses bisnis penyaluran pembiayaan rumah lebih mudah.
 
"Penyaluran dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) akan semakin lebih, mudah baik dari sisi pengembang perumahan maupun bank pelaksana," jelasnya.
 
Hal tersebut dikarenakan data yang dihimpun pada SiPetruk terkoneksi secara realtime melalui Aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang). 
 
"Data perumahan yang telah lolos di Apllikasi SiPetruk akan secara otomatis masuk pada Aplikasi SiKumbang, sehingga bank tidak perlu lagi memeriksa kelayakan bangunannya," kata Arief.
 
Kesiapan dalam menyambut penerapan Aplikasi SiPetruk ini terus didukung dan diapresiasi oleh para pengembang. 
 
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perumahan Subsidi dan Perumahan Aparatur Pemerintah DPP Real Estate Indonesia (REI) Moerod memberikan apresiasi terhadap persiapan pelaksanaan SiPetruk. 
 
"Kami bersyukur PPDPP dan PUPR telah mengakomodir dengan memfasilitasi pelatihan bagi tenaga ahli manajemen konstruksi secara gratis, sangat ironis jika pengembang tidak memiliki tenaga ahli teknis,” ujarnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif