Kementerian menggelar video konferensi. Foto: Kementerian PUPR
Kementerian menggelar video konferensi. Foto: Kementerian PUPR

Kementerian PUPR Realokasi Rp24,53 Triliun untuk Tangani Korona

Properti Virus Korona Berita Kementerian PUPR covid-19
Rizkie Fauzian • 07 April 2020 20:39
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merealokasi anggaran Rp24,53 triliun untuk penanganan virus korona (covid-19). Dana tersebut berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR Tahun 2020 sebesar Rp120 triliun.
 
"Kami ditugasi oleh Menteri Keuangan untuk merealokasi Rp24,53 triliun dari anggaran 2020 Kementerian PUPR yang sebesar Rp120 triliun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam video konference, Selasa, 7 April 2020.
 
Basuki menjelaskan, realokasi anggaran tersebut bersumber dari beberapa program masing-masing Direktorat. Misalnya optimalisasi kegiatan non-fisik yang masih bisa ditunda atau dihemat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anggaran juga diambil untuk penghematan alokasi perjalanan dinas dan paket meeting sebesar 50 persen dari sisa anggaran yang belum terserap pada Tahun Anggaran 2020," jelasnya.
 
Realokasi anggaran juga diambil dari pembatalan paket-paket kontraktual yang belum lelang, misalnya Bendungan. Selanjutnya juga realokasi anggaran dilakukan dengan melakukan rekomposisi alokasi anggaran 2020 pada paket kebijakan tahun jamak (MYC).
 
Kemudian, realokasi juga dilakukan dengan mengubah paket-paket kebijakan Single Year Contract TA 2020 menjadi paket-paket tahun jamak (MYC), termasuk paket kontraktual di bawah Rp100 miliar.
 
"Anggaran tersebut akan digunakan untuk tiga hal prioitas, yakni membantu sektor kesehatan dan keselamatan masyarakat, menyiapkan social safety net untuk masyarakat miskin dan membantu industri konsumsi terutama untuk menjaga daya beli masyarakat," ungkapnya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif