Syarat penerima subsidi rumah yang diberikan pemerintah di tengah korona. Foto: Shutterstock
Syarat penerima subsidi rumah yang diberikan pemerintah di tengah korona. Foto: Shutterstock

Syarat Penerima Subsidi Rumah

Properti Virus Korona suku bunga kpr Penyediaan Rumah
Antara • 31 Maret 2020 20:33
Jakarta: Sejumlah stimulus diluncurkan guna mengantisipasi penyebaran virus korona (covid-19), salah satunya di sektor perumahan.
 
Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan stimulus yang diberikan yakni Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) untuk KPR.
 
"Khusus untuk pembelian rumah tapak, MBR akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu pemberian sebagian uang muka KPR melalui SBUM sebesar Rp4 juta dan untuk Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebesar Rp10 juta. Memang ada perbedaan khusus dua provinsi ini," katanya dalam konferensi video di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk bisa mendapatkan fasilitas subsidi tersebut, Warga Negara Indonesia (WNI) harus berpenghasilan maksimal Rp8 juta, tidak memiliki rumah, dan belum pernah menerima subsidi/bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah terkait pembiayaan pemilikan atau pembangunan rumah.
 
Ia menambahkan, melalui kepemilikan rumah tersebut, maka setiap keluarga MBR akan memiliki tempat berlindung, berkembang, belajar, dan bekerja dari rumah dengan sehat, aman, dan nyaman, sehingga tercipta lingkungan yang kondusif di masyarakat.
 
"Melalui pemberian stimulus fiskal subsidi perumahan diharapkan dapat membantu MBR untuk mendapatkan rumah yang layak huni dan terjangkau, terutama pada masa sulit saat ini," kata Eko.
 
Saat ini ada tiga bank yang telah menyatakan minat sebagai bank pelaksana, yaitu BTN, BNI, dan BRI.
 
"Kementerian PUPR masih membuka peluang bagi bank lain yang ingin bekerja sama, sehingga MBR mendapatkan kesempatan seluas-luasnya memanfaatkan jaringan bank di daerah untuk mengakses subsidi perumahan ini," jelasnya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif