Proyek garapan PT PP. Foto: Antara
Proyek garapan PT PP. Foto: Antara

Proyek Garapan PT PP Mulai dari Hotel hingga Jembatan

Properti infrastruktur konstruksi ptpp
Antara • 13 Agustus 2020 19:59
Jakarta: PT PP (Persero) Tbk telah menyelesaikan sejumlah monumental di Indonesia mulai dari Hotel Indonesia yang dibangun pada 1960 hingga sejumlah gedung kedutaan besar negara asing.
 
Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, dengan didukung tenaga ahli yang profesional dan pengalaman di bidangnya, perseroan berhasil menorehkan sejumlah prestasi dalam berkarya.
 
"Proyek-proyek yang dikerjakan oleh telah menghadirkan sejumlah proyek monumental dan menjadi landmark di seantero Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun karya-karya monumental yang berhasil dibangun sampai dengan saat ini antara lain Hotel Indonesia di Jakarta, Jembatan Balerang di Batam, Terminal Peti Kemas Kalibaru di Jakarta, PLTG Gorontalo di Sulawesi, Kementerian PUPR di Jakarta.
 
Selanjutnya, Kedutaan Besar Singapura di Jakarta, Kedutaan Besar Austria di Jakarta, Jembatan Youtefa di Papua, Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Stadion Papua Bangkit di Papua, dan RSUD Jayapura di Papua.
 
Hotel Indonesia merupakan pembangunan proyek gedung tinggi pertama di Indonesia yang dikerjakan oleh PT PP pada 1960. Hotel ini juga merupakan hotel bintang 5 pertama yang dibangun di Jakarta dan diresmikan oleh Presiden Soekarno untuk menyambut perhelatan Asian Games IV pada 1962.
 
Selanjutnya, proyek pembangunan Jembatan Barelang yang berlokasi di Kepulauan Riau merupakan cable stayed pertama di Indonesia yang dibangun perusahaan itu yang menghubungkan enam pulau.
 
Sampai saat ini Jembatan Barelang dijadikan sebagai ikon kota Batam yang popular, terutama bagi masyarakat Kepulauan Riau. Jembatan ini merupakan proyek percontohan berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa adanya campur tangan dari tenaga ahli luar negeri.
 
Pada 2012, PT PP berhasil memenangkan tender mega proyek terbesar yaitu pembangunan proyek Terminal Peti Kemas Kalibaru (New Priok) yang berlokasi di Jakarta.
 
"Proyek pelabuhan ikonik ini dibangun secara bertahap untuk meningkatkan kapasitas dan mengantisipasi pertumbuhan arus peti kemas dan kargo di Pelabuhan Tanjung Priok," kata Novel.
 
PT PP juga berhasil membangun proyek Stadion Utama Papua Bangkit yang diklaim menjadi stadion termegah di Indonesia kedua setelah Stadion Gelora Bung Karno.
 
Stadion tersebut dibangun dalam rangka menyambut event olahraga terbesar di Indonesia yaitu penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Papua dengan kapasitas 40 ribu penonton, serta menjadi stadion termegah pertama di Kawasan Indonesia Timur.
 
PT PP akan terus bahu membahu dalam membangun negeri tercinta ini dan terus berkarya membangun bangsa. Kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh tenaga-tenaga ahli tersebut telah diakui oleh berbagai kalangan.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif