UFO mendarat di Saint Peterburg
Lokasinya yang berhadapan dengan laut, sekaligus menjadikannya landmark. dezeen/Ilya Ivanov
Jakarta: Sekilas desain bangunan Stadion Saint Petersburg ini menyerupai desain pesawat ruang angkasa. Stadion karta arsitek Jepang Kisho Kurokawa, stadion ini sekilas juga memiliki kesamaan dengan Toyota Stadion Jepang.

Stadion Saint Petersburg terletak di ujung barat Pulau Krestovsky di barat laut Saint. Petersburg. Bangunan yang terdiri dari tujuh lantai dengan tinggi total 78 meter ini menawarkan pemandangan yang indah.


Bangunan stadion ini memiliki kubah besar yang atap tengahnya 'diikat' ke delapan tiang besar.  Stadion modern ini memiliki atap yang bisa dibuka, untuk memungkinkan permainan berlangsung di segala cuaca.

Memiliki kapasitas 67 ribu penonton dan dilengkapi struktur pelapis udara panas yang akan mencairkan salju selama musim dingin. Kaca pada stadion menggunakan bahan etilen tetrafluoroetilena (ETFE) yang tembus cahaya untuk memberikan perlindungan dari cuaca.

Meski stadion ini baru selesai pada 2017, namun rencana pembangunannya sudah dimulai sejak 2005. Penundaan terjadi salah satunya karena mundurnya Gazprom yang awalnya jadi sponsor.

AFP Photo/Paul Ellis

Stadion ini merupakan rumah bagi klub sepak bola Rusia FC Zenit St Petersburg. Sebelum Saint Petersburg dipilih sebagai nama resminya, stadion ini dikenal pula dengan beberapa nama Zenit Arena, Gazprom Arena dan Piter Arena.
 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id