Gambar rendering kegiatan pekerjaan pembangunan rumah Livingboard. rendering: Carlo Ratti Associati
Gambar rendering kegiatan pekerjaan pembangunan rumah Livingboard. rendering: Carlo Ratti Associati

Rumah Murah yang Multifungsi ala India

Properti india Gempa Lombok
Rizkie Fauzian • 11 Januari 2019 10:11
Bangalore: Sebuah proyek rumah murah dengan sistem prefabrikasi telah dikembangkan di sebuah desa di pedalaman Bangalore, India. Rumah tersebut dibuat agar pemiliknya dapat membangun struktur rumah yang dibutuhkan.

Carlo Ratti merancang sistem yang bernama Livingboard ini bagi pengembangan rumah murah bagi para petani miskin di desa-desa India dan di seluruh dunia. Sang arsitek mengumpamakan sistem Livingboard layaknya 'motherboard' yang adalah pusat/otak kerja dari perangkat gadget.

Ini karena Livingboard mencakup sistem pengolahan air, limbah, dan ketersediaan listrik. Tak hanya itu, ada juga pemanas ruangan, baterai untuk penyimpanan energi, bahkan Wi-Fi juga dimasukkan ke dalam bagian utama rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sementara untuk atapnya akan dibuat datar menggunakan material berbahan lempengan granit. Proyek rumah demikian dibangun di Sadarahalli yang warganya membutuhkan bidang datar untuk tempat mengeringkan biji-bijian.   Berbeda lagi dengan proyek di Udagirinallappanahalli. Sebagaimana ditulis deezen, di desa selatan India yang kering ini rumah-rumahnya akan dilengkapi dengan fitur penyaring dan penampung air hujan.


Artinya proyek yang dikerjakan LSM WeRise India dan RMZ Foundation ini disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar dan kebutuhan penghuninya. Bahkan warga bisa turut berpartisapi untuk menyesuaikan desain dengan norma arsitektur setempat.

Konsep rumah beton prefabrikasi yang proses pembangunannya melibatkan warga, juga sudah ada di Indonesia. Proyeknya dalam skala besar yang dikoordinasikan oleh Kementerian PUPR antara lain adalah pembangunan kembali rumah para korban gempa Lombok. Walau tidak ada fitur WiFi dan pemanas ruangan, namun berteknologi tahan gempa.


 


(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi