Seribu Rumah dari BPJS Ketenagakerjaan
Dirut BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz (kiri) disaksikan Direktur Pelayanan Krishna Syarief (kanan) memasangkan tangan palsu kepada seorang buruh korban kecelakaan kerja dalam peringatan Hari Buruh di Serpong, Tangerang Selatan. Antara Foto/M Iqbal
Tangerang: Belum banyak yang mengetahui bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memiliki layanan pengadaan rumah murah bagi pesertanya. Bagian dari program Jaminan Hari Tua (JHT) yang bekerjasama dengan beberapa bank penyedia KPR bersubsidi itu adalah manfaat house benefit.

“Saat ini fasilitas yang kami berikan adalah Pinjaman Uang Muka Perumahan, Pembiayaan KPR Perumahan, Pinjaman Renovasi Rumah dan Kredit Konstruksi,” jelas Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif.


House benefit termasuk dalam manfaat layanan tambahan (MLT) BPJS Ketenagakerjaan. Persyaratan mendapatkan manfaat ini adalah telah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan selama minimal satu tahun, tertib iuran dan administrasi, belum memiliki rumah dan memenuhi ketentuan yang sesuai aturan bank yang menjadi penyalur KPR (Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI).

"Suku bunga dan skema pembiayaan yang ditawarkan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah," sambungnya.


Sejak 2015 lalu, pemerintah mencanangkan program satu juta rumah. Program pengadaan rumah layak dan murah ini terutama ditujukan kepada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, PNS, prajurit TNI, anggota Polri, nelayan, petani bahkan santri.

Target cukup ambisius. Yaitu merealisasikan pembangunan 1 juta unit rumah setiap tahunnya di seluruh Indonesia. Baik rumah tapak dan rumah susun. Berbagai lembaga pemerintahan turut dilibatkan sesuai kapasitasnya masing-masing, termasuk BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa perusahaan telah memanfaat program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan ini untuk karyawannya. Salah satunya adalah PT ISS yang pada Selasa (1/5/2018), menandatangani nota kesepakatan dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk pembiayaan pengadaan seribu unit rumah bagi karyawannya di seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara penandatanganan yang berlangsung di MS Soccer, BSD, Tangerang, itu adalah Presdir PT ISS Elisa Lumbantoruan, Direktur Consumer Banking BTN Budi Satria dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id