Calon pembeli memperhatikan maket properti pada hari kedua penyelenggaraan Indonesia Property Expo 2016 di Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani
Calon pembeli memperhatikan maket properti pada hari kedua penyelenggaraan Indonesia Property Expo 2016 di Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani

Beli Rumah di Usia Muda Lebih Baik

Properti investasi properti
Rizkie Fauzian • 01 Februari 2019 19:01
Jakarta: Membeli rumah tidak perlu menunggu usia tua atau sudah menikah. Justru, keputusan membeli rumah harus diambil sejak generasi muda memasuki dunia kerja.
 
Generasi muda, terutama yang baru lulus pendidikan ataupun baru bekerja, biasanya belum memiliki banyak tanggungan. Sehingga membeli rumah di usia muda bisa menjadi peluang besar untuk investasi masa depan.
 
"Untuk Gen Z yang baru memulai hidup mandiri, pemahaman keuangan sejak awal menjadi sangat penting. Saat karir dan pendapatan meningkat, fundamental yang kuat akan membantunya mengelola relasi yang sehat dengan uang," kata Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan dalam keterangan tertulis, Jumat, 1 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anak muda dapat mempraktikkan prinsip keuangan 10-20-30-40. Artinya, 10 persen dana darurat, 20 persen tabungan dan investasi, 30 persen utang produktif, dan 40 persen kebutuhan hidup. Lihat proporsinya, dimulai dengan dana darurat dan tabungan, bukan sebaliknya.
 
"Ini penting agar sudah teralokasikan di awal dan bukan dari sisa gaji. Apalagi kalau menabung dari sisa gaji biasanya jarang terwujud karena sering tak ada sisanya," jelasnya.
 
Membeli rumah sejak dini dapat menjadi aset yang nilainya berlipat-lipat. Misalnya nilai rumah yang dibeli saat ini akan terus bertambah saat memasuki usia 40 tahunan. Rumah dan pengetahuan untuk membeli properti yang tepat adalah harta yang paling berharga, selain keluarga.
 
"Sudah banyak pilihan rumah tersedia dengan cicilan yang kalau dihitung per hari setara dengan satu gelas kopi di kedai kopi ternama. Ini sangat pas bagi generasi Z yang baru masuk dunia kerja," jelasnya.
 
Rumah.com ingin mengedukasi dan mendorong generasi baru yang sudah bekerja untuk mulai menginvestasikan penghasilannya dengan membeli rumah harga terjangkau. Sebab generasi tersebut dianggap lebih senang menghabiskan uang untuk megikuti tren gaya hidup, ketimbang mengalihkan dana untuk sesuatu yang lebih produktif.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi