Dua area di Kabupaten Tangerang  punya peluang baik bagi pencari rumah. Foto: Shutterstock
Dua area di Kabupaten Tangerang punya peluang baik bagi pencari rumah. Foto: Shutterstock

2 Area Prospektif di Kabupaten Tangerang bagi Pencari Rumah

Properti Tips Properti Perjanjian Jual-Beli Properti Tips beli rumah
Rizkie Fauzian • 19 Juni 2021 13:59
Jakarta: Berbagai relaksasi yang diberikan pemerintah diharapkan mendorong pembelian rumah, terutama bagi pembeli pertama. Relaksasi tersebut menunjukkan saat ini kondisi termudah untuk membeli rumah. 
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, oleh karena itu konsumen bisa mulai mencari daerah hunian yang akan diincar sekaligus menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya. 
 
Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) juga menunjukkan beberapa area yang prospektif bagi konsumen. Dua area di antaranya adalah Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Curug, di Kabupaten Tangerang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kuartal I-2021, Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Curug, menjadi dua area yang paling prospektif. Cisauk dan Curug menawarkan peluang terbaik bagi konsumen di masa sekarang.
 
"Berdasarkan analisis Rumah.com, kedua area ini terletak bersebelahan dengan kawasan hunian terpadu yang telah mapan. Cisauk diapit oleh Kecamatan Pagedangan dan Kecamatan Serpong, dimana di area tersebut terdapat kawasan kota mandiri BSD City," jelasnya dalam laporan, dikutip Sabtu, 19 Juni 2021.
 
Meski demikian, dari sisi harga, Cisauk memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan harga di kedua kawasan tersebut. Sementara itu, harga properti di Pagedangan saat ini tengah melejit karena BSD City memfokuskan pengembangan wilayahnya ke kecamatan tersebut.
 
"Harga properti di Cisauk pada kuartal I-2021 berada pada kisaran Rp7 juta per meter persegi, 59 persen lebih rendah dibandingkan rata-rata dua wilayah yang mengapitnya, yakni Pagedangan dan Serpong," jelasnya.
 
Menariknya lagi, harga properti di Cisauk saat ini sedang turun karena dampak pandemi sehingga ini menjadi peluang untuk mendapatkan hunian di lokasi terbaik dengan harga terbaik. Sebelumnya pada 2020, harga properti di kawasan ini sempat mengalami kenaikan hingga 25 persen per tahun.
 
"Beberapa faktor yang membuat Cisauk menjadi area yang prospektif adalah kawasan sekitarnya yang telah mapan. Baik di Pagedangan maupun di Serpong, masyarakat bisa mendapatkan fasilitas umum dengan kualitas baik, mulai dari mal, rumah sakit, pusat perbelanjaan, maupun sekolah," kata Marine.
 
Sama halnya dengan Cisauk, Curug juga menjadi area yang prospektif karena bersebelahan dengan kecamatan Kelapa Dua. Di kecamatan ini juga terdapat kawasan kota mandiri yang telah mapan, Harga properti di Curug saat ini masih 32 persen lebih rendah dibandingkan Kelapa Dua, yang letaknya berbatasan dengan Curug.
 
Marine menyimpulkan bahwa Cisauk dan Curug merupakan area yang prospektif terutama untuk jangka panjang. Diapit oleh kota-kota terencana yang matang, Cisauk dan Curug dimanjakan dengan tingkat perkembangan yang sangat tinggi dan banyak pilihan distrik perbelanjaan dan taman perkantoran, serta fasilitas pendidikan dan perawatan kesehatan.
 
Pembangunan infrastruktur transportasi umum dan jalan, baik jalan raya maupun jalan tol, masih menjadi daya tarik utama sebuah wilayah dari sudut pandang pencari properti. Pembangunan infrastruktur ini juga mendorong kenaikan harga properti di wilayah sekitar kawasan kota mandiri seperti Kabupaten Tangerang.
 
"Kami yakin, saat pandemi usai nanti, pengembang dan investor akan kembali melirik Cisauk karena letaknya yang strategis. Apalagi dengan adanya rencana jangka panjang pengembangan jalur MRT hingga ke arah Tangerang Selatan serta rencana pembangunan jalur tol Serpong-Balaraja yang melintasi kawasan Pagedangan," jelasnya.
 
Turunnya harga properti dan naiknya suplai properti menunjukkan bahwa pasar properti masih berada dalam situasi buyer’s market. Bagi konsumen yang sudah siap secara finansial, inilah saat terbaik untuk membeli properti. Konsumen akan semakin dimanjakan oleh stimulus pemerintah berupa penghapusan PPN, pembelian properti tanpa uang muka, serta tren suku bunga yang terus turun.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif