Di Kabupaten Bogor ada 36 rumah susun. Ilustrasi: MI
Di Kabupaten Bogor ada 36 rumah susun. Ilustrasi: MI

Kebutuhan Hunian Tinggi, Pemkab Bogor Bakal Bangun Rusun

Properti Perumahan Rusun Penyediaan Rumah
Antara • 05 Desember 2021 20:25
Cibinong: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat menyiapkan opsi pembangunan rumah susun (rusun) untuk mengatasi tingginya kebutuhan hunian di wilayah perkotaan, yakni Cibinong Raya.
 
"Mungkin karena dekat pusat pemerintahan juga kawasan Cibinong Raya ini," ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika di Cibinong, Bogor, Minggu, 5 Desember 2021.
 
Menurutnya, dari total kebutuhan hunian sebanyak 122 ribu unit rumah di Kabupaten Bogor, lebih dari 50 persen perumahan ada di wilayah Cibinong Raya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan bahwa saat ini Pemkab Bogor terus mengembangkan konsep hunian vertikal seperti rusun. Pasalnya, tak sedikit kategori masyarakat berpendapatan rendah (MBR) yang belum memiliki rumah.
 
"Untuk memenuhi kebutuhannya kita melakukan sertifikasi tanah dan PSU (prasarana, sarana, dan utilitas umum) yang nantinya akan diusulkan untuk dibangun menjadi rumah susun," jelasnya.
 
Di Kabupaten Bogor sendiri sedikitnya ada 36 rumah susun yang tersebar di sejumlah pondok pesantren dan kampus. Tapi, yang dimiliki oleh Pemkab Bogor hanya satu, yaitu berada di Limus Nunggal. Sehingga menurutnya perlu ada penambahan untuk membantu MBR.
 
Ajat menyebutkan, jika pemerintah tidak segera membuat rumah susun, maka para pengembang perumahan akan membangun di daerah pinggiran yang dikhawatirkan menggerus lahan pertanian.
 
"Makanya harus segara, karena khawatirnya lahan pertanian akan terus berkurang seiring denganya banyaknya pengembanh perumahan yang lari ke pinggiran," ungkapnya.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif