BTN memberikan kemudahan kepada ASN untuk mengakses KPR. (Foto: Ilustrasi. Kementerian PUPR)
BTN memberikan kemudahan kepada ASN untuk mengakses KPR. (Foto: Ilustrasi. Kementerian PUPR)

BTN Permudah KPR untuk ASN, TNI, dan Polri

Properti btn sejuta rumah
Rizkie Fauzian • 25 Agustus 2019 19:07
Palembang: Menyambut Hari Perumahan Nasional, PT Bank Tabungan Negara Tbk memberikan kemudahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI dan Polri dalam mengakses Kredit Pemilikan Rumah (KPR).
 
"Mempermudah akses KPR bagi ASN, TNI, dan Polri dapat mempercepat pencapaian target program Sejuta Rumah yang dirancang pemerintah,” kata Direktur Bank BTN R Mahelan Prabantarikso, dalam keterangan tertulis, Minggu, 25 Agustus 2019.
 
Pemerintah membangun perumahan berbasis komunitas di Palembang bernama Perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya (BPS) Land. Bank BTN ditunjuk menjadi salah satu bank pelaksana dalam program tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khusus bagi ASN, BTN menyodorkan beragam penawaran, yaitu uang muka atau down payment (DP) mulai dari 1 persen, KPR juga bisa diberikan kepada ASN, TNI, atau Polri yang berusia di bawah 21 tahun atau minimal 18 tahun pada saat perjanjian akad kredit dan belum menikah.
BTN Permudah KPR untuk ASN, TNI, dan Polri
(dok: BTN)
"Pada tahap awal, kami berharap dengan penawaran menarik ini sekitar 500 orang dari ASN, TNI, maupun Polri berminat mengajukan KPR di Bank BTN," kata Mahelan.
 
Jumlah kebutuhan rumah untuk ASN, anggota TNI dan Polri diperkirakan mencapai 1,58 juta unit. Jumlah itu terdiri atas 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah layak.
 
"Dengan melihat kebutuhan perumahan bagi ASN, TNI dan Polri yang cukup besar tersebut, Bank BTN akan mengupayakan program pembiayaan rumah yang terjangkau dan akses KPR yang mudah agar seluruh masyarakat dapat mewujudkan rumah impiannya,” kata Mahelan.
 
Untuk mempercepat pencapaian target tersebut, Bank BTN tidak hanya mengandalkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP, tapi juga program lain, di antaranya BP2B atau Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).
 
Program tersebut merupakan bantuan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang telah mempunyai tabungan dalam rangka pemenuhan sebagian uang muka perolehan rumah atau sebagian dana untuk pembangunan Rumah Swadaya melalui kredit/pembiayaan Bank Pelaksana.
 
Program lainnya adalah mengoptimalkan KPR BTN Mikro dengan Skema Akademisi- Bisnis-Community dan Government atau Pemerintah (ABCG) maupun skema yang tidak melibatkan akademisi.
 
Skema ABCG memfokuskan pada pembiayaan KPR dengan debitur berbasis komunitas yang didukung oleh pemerintah daerah setempat dan instansi pendidikan, serta dibantu proses pembiayaan oleh bank, dalam hal ini BTN.
 
“Kami melibatkan banyak pihak untuk dapat memberikan pelayanan KPR terbaik bagi masyarakat dan mendukung pemerintah dalam program Sejuta Rumah,” ucap Mahelan

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif