KPR atlet hanya untuk yang berprestasi
Deretan rumah murah layak huni di Palu, Sultra. Rumah murah yang dibiayai KPR atlet akan menjadi bagian program 1 Juta Rumah Kementerian PUPR. Antara Foto/Basri Marzuki
Jakarta: Para atlet nasional Indonesia bisa memiliki rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khusus dari Bank BTN. Namun fasilitas skema pembiayaan murah ini hanya atlet berprestasi.

"Persyaratannya antara lain atlet berprestasi yang memperoleh rekomedasi dari badan yang berwenang," kata Direktur Consumer Banking BTN Budi Satria kepada Medcom.id.


Program KPR khusus atlet tersebut diluncurkan Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai bentuk kepedulian terhadap atlet yang berprestasi untuk memiliki hunian yang layak. Program ini rencananya diluncurkan 11 Juni 2018 lalu.

"Kita sudah soft launching, kita sedang mempersiapkan launching-nya. Mudah-mudahan bisa segera, karena masih ada yang harus dikordinasikan," jelasnya.

Budi menjelaskan, yang terpenting untuk menggunakan KPR khusus atlet ini adalah memenuhi persyaratan. Bagi mantan atlet, atlet belum berprestasi juga atlet difabel bisa memanfaatkan skema KPR subsidi.

"Kalau itu bisa pakai skema KPR yang ada. Kalau tidak memenuhi persyaratannya untuk KPR atlet ya harus pakai skema KPR biasa, subsidi dan non subsidi," ungkap Budi.

Menurut Budi, persyaratan yang diberikan berasal dari BTN dan juga badan berwenang seperti Komite Olimpiade Indonesia (KOI). "Persyaratannya kombinasi, karena ada rekomendasi tapi juga ada analisa untuk calon debitur KPR seperti biasa," kata Budi.

Fasilitas KPR Atlet yang diberikan BTN memiliki beberapa kemudahan dibandingkan dengan KPR lainnya. Seperti uang muka yang lebih ringan yakni 5 persen. Selain itu, bebas biaya administrasi, provisi dan biaya appraisal.

Kemudahan lainnya seperti jangka waktu atau tenor yang diberikan lebih panjang. Jika KPR biasa paling lama 20 tahun, maka KPR atlet bisa hingga 30 tahun sehingga nilai cicilannya pun menjadi lebih kecil.





(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id