Curve Angel, Rumah 3D-printed Pertama

Rizkie Fauzian 22 Februari 2018 08:24 WIB
perumahan
Curve Angel, Rumah <i>3D-printed</i> Pertama
Rumah terdiri dari 28 panel modular yang dicetak terpisah. all photos: inhabitat/archdaily/WATGUrban
Chicago:Rumah dengan cetakan 3D pertama di dunia segera diwujudkan tahun ini. Biro desain WATG asal Inggris, sedang mendalami desain pengembangan rumah yang akan 'dibangun' dengan mesin printer tersebut.

Seperti dikutip dari Inhabitat, Rabu (21/2/2018), proyek rumah bernama Curve Angel ini akan didirikan di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat. Rumah 3D-printed ini terinspirasi dari program Case Study Program yang dikembangkan sejak 1945 hingga 1966.


Meskipun rumah ini banyak menggunakan konstruksi berbahan kayu, namun desainnya dibuat memiliki estetika futuristik yang kuat.  Untuk bidang-bidang kurva, menggunakan material kaca untuk mendapatkan cahaya alami yang optimal.



Setidaknya dibutuhkan 28 panel cetakan untuk mencetak Curve Angel. Semuanya akan dicetak di tempat lain dan bukan di lokasi rumah. Nantinya semua panel ini akan disatukan untuk disusun menjadi rumah.

Rumah ini merupakan langkah evolusioner dalam dunia desain khususnya hunian modern. The architects and Branch Technology  tengah meneliti bahan material yang dapat digunakan untuk konstruksi yang berkelanjutan, termasuk penggunaan bahan gypsum cetak sebagai proteksi dari kebakaran, penguatan struktur dan dinding tapi ramah lingkungan.



 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id