Masyarakat minta keringanan BPHTB. Ilustrasi: Shutterstock
Masyarakat minta keringanan BPHTB. Ilustrasi: Shutterstock

Populer Properti, Masyarakat Minta Keringanan BPHTB hingga Pertumbuhan KPR

Rizkie Fauzian • 19 Januari 2022 08:48
Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Di antaranya konsumen minta keringanan BPHTB hingga pertumbuhan KPR naik.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Selasa, 18 Januari 2022:

1. Konsumen Properti Juga Minta Keringanan BPHTB

Pemerintah telah menggulirkan sejumlah insentif khususnya di sektor properti. Salah satunya Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) yang berlaku hingga Juni 2022 dan DP 0 Persen sampai Desember 2022.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan ada komponen biaya lain yang bisa dijadikan sasaran pemerintah untuk meringankan calon pembeli rumah dan sekaligus menggairahkan industri properti.
 
"Misalnya dengan pembebasan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Beberapa pemerintah daerah sudah menjalankan kebijakan ini namun perlu koordinasi lebih lanjut antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Mau Renovasi Rumah Hemat Bujet? Begini Caranya

Saat Anda berencana merenovasi rumah, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Renovasi rumah tak hanya membutuhkan waktu tapi juga biaya yang tak sedikit. 
 
Namun, dengan perencanaan yang tepat proses renovasi seharusnya bisa berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan juga harus bisa ditekan alias low budget.
 
Bagi Anda yang saat ini berencana untuk merenovasi rumah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat biaya saat merenovasi rumah, dikutip dari Lamudi.
 
Baca selengkapnya di sini

3. Suku Bunga hingga Insentif PPN Dorong Pertumbuhan KPR

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan permintaan properti residensial mengalami peningkatan sepanjang 2021.
 
"Memang di 2021 mengalami peningkatan namun dengan harga yang cenderung terkendali," ujar Deputi Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Ndari Surjaningsih dalam seminar daring Rumah123.com di Jakarta, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Menurut dia, kenaikan permintaan sektor properti tercermin dari peningkatan penjualan rumah pada Kuartal III-2021, terutama pada rumah tipe menengah dan besar.
 
Baca selengkapnya di sini
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif