Para arsitek juga telah memasukkan terminal bus dan stasiun kereta cepat di dalam rancangannya. dezeen/smithgill
Para arsitek juga telah memasukkan terminal bus dan stasiun kereta cepat di dalam rancangannya. dezeen/smithgill

Shenzhen Tambah Koleksi Gedung Tertinggi

Properti tiongkok imlek pencakar langit
Rizkie Fauzian • 04 Februari 2019 10:10
Shenzhen: Sejak tiga dekade terakhir Asia dan Timur Tengah menggeser Amerika dan Eropa sebagai lokasi gedung-gedung tertinggi di muka bumi. Tak hanya tertinggi tetapi juga yang terindah dan tercanggih.
 
Trend ini belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Tak lama lagi di Shenzhen, Tiongkok, berdiri sebuah pencakar langir dengan ketinggian hingga 700 meter. Gedung ini akan menjadi yang tertinggi ketiga di dunia.
 
Sejauh ini Burj Khalifa di Dubai masih yang tertinggi dengan ketinggian 828 meter. Posisinya sedang 'diancam' oleh Jeddah Tower di Arab Saudi yang sedang dalam tahap pembangunan dan dirancang dengan ketinggian arsitektur 1000 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Shenzhen Tambah Koleksi Gedung Tertinggi
dezeen/Adrian Smith + Gordon Hill
 
Di daratan Tiongkok dan Taiwan, sudah banyak berdiri pencakar langit spektakuler. Anggota 'komunitas' ini akan bertambah dengan Shenzhen-Hong Kong International Center yang sekaligus menjadi tertinggi di antara semuanya.
 
Gedung yang mirip tabung dipelintir ini hasil rancangan arsitek Adrian Smith + Gordon Gill. "Shenzhen-Hong Kong International Center bersifat antropomorfis. Ini bentuk penghormatan kepada para atlet yang berlatih keras dan berprestasi di tingkat dunia," jelas Adrian Smith dikutip Dezeen.
 
Untuk memperoleh sertifikasi LEED Platinum - salah satu program sertifikasi bangunan hijau paling populer yang digunakan di seluruh dunia, menara ini dibangun dengan berbagai teknologi. Fasadnya adalah kaca yang dapat mengurangi panas.
 
Shenzhen Tambah Koleksi Gedung Tertinggi
dezeen/Adrian Smith + Gordon Hill
 
Desain bangunan ini juga mengoptimalkan cahaya matahari dan udara dari ventilasi alami. Tak hanya itu, bangunan tersebut juga akan dihiasi oleh taman-taman indah yang dirancang untuk menahan curah hujan dan banjir di musim panas.
 
Shenzhen-Hong Kong International Center akan memiliki dek observasi tertinggi di dunia, di samping restoran, klub malam, fasilitas spa, dan kolam renang. Pada malam hari, bangunan tersebut akan menjadi pertunjukan visual, suara dan cahaya.
 
Terletak di salah satu distrik bisnis, bangunan ini akan terhubung dengan ritel besar, menara apartemen, pusat budaya, hotel bintang lima, perpustakaan, dan kantor. Para arsitek juga telah memasukkan terminal bus dan stasiun kereta cepat di dalam rancangannya.
 

 


 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif