Sebanyak 4.500 unit rumah di 18 kabupaten di Papua menerima bantuan. (Foto: dok: Kementerian PUPR)
Sebanyak 4.500 unit rumah di 18 kabupaten di Papua menerima bantuan. (Foto: dok: Kementerian PUPR)

Pemerintah Perbaiki 4.500 Rumah di Papua

Properti sejuta rumah
Rizkie Fauzian • 13 Agustus 2019 11:08
Supiori: Pemerintah menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah bagi warga yang belum memiliki rumah layak huni. Penerima bantuan ini salah satunya adalah Provinsi Papua.
 
Tahun ini, sebanyak 4.500 kepala keluarga di 18 kabupaten di Papua menerima bantuan. Dari angka tersebut, 100 unit rumah berada di Kabupaten Supiori yang tersebar di empat kampung.
 
Perbaikan yang dilakukan masuk dalam kategori peningkatan kualitas bangunan. Perbaikan rumah tersebut ditargetkan selesai pada akhir Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagian besar pekerjaan masyarakat yang menerima bantuan adalah nelayan. Mereka rata-rata bertempat tinggal di pesisir pantai dan terpisah di beberapa kepulauan.
 
Dalam proses pelaksanaan bantuan ini, peran masyarakat penerima bantuan sangat dibutuhkan. Sebab, mereka tidak hanya sekadar menerima bantuan, namun juga turut andil dalam proses pelaksanan program BSPS.
 
Implementasi program BSPS di Papua menghadapi beragam kendala. Salah satunya, jarak dan lokasi penerima bantuan yang terpencil dari daratan hingga lokasi kepulauan.
 
Namun demikian, pelaksanaannya tetap berjalan dengan baik dan dengan strategi yang teratur selama proses penyaluran, walaupun memerlukan waktu lebih lama.
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Papua tahun ini secara keseluruhan menyalurkan 3.690 unit bantuan bedah rumah.
 
Program BSPS di Papua tersebar di 13 kabupaten, yakni Kota Jayapura, Biak Numfor, Mimika, Sarmi, Waropen, Kepulauan Yapen, Tolikara, Jayapura, Yalimo, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang, Merauke, Jayawijaya, Paniai, Yahukimo, dan Supiori.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif