Pembangunan perumahan berbasis komunitas terus dilanjutkan oleh pemerintah. (Foto: Medcom/Gervin)
Pembangunan perumahan berbasis komunitas terus dilanjutkan oleh pemerintah. (Foto: Medcom/Gervin)

Pemerintah akan Bangun Perumahan untuk Sopir Ojol dan Taksi

Properti program sejuta rumah
Gervin Nathaniel Purba • 25 Februari 2019 08:09
Pekalongan: Pembangunan perumahan berbasis komunitas terus dilanjutkan oleh pemerintah. Setelah komunitas tukang cukur rambut dan guru tak tetap, selanjutnya pemerintah menyasar komunitas sopir ojek online (ojol) dan taksi.
 
"Ke depan, akan dibangun untuk komunitas sopir ojek online (Grab) dan taksi. Kalau enggak salah sopir Blue Bird," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid, ditemui Medcom.id, usai peresmian rusunawa mahasiswa Universitas Pekalongan (Unikal), Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu, 23 Februari 2019.
 
Terkait rencana ini Khalawi masih akan membicarakan lebih lanjut dengan Bank BTN. "Mau dibicarakan dengan BTN, minggu depan," ujar Khalawi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembangunan perumahan berbasis komunitas sangat penting karena melibatkan masyarakat secara langsung dalam pembangunan perumahan. Kementerian PUPR berniat menggandeng komunitas sebanyak mungkin.
 
"Kami ingin sebanyak-banyaknya (berbagai komunitas), bergantung kemampuan mereka. Hal ini bisa membantu menambah pencapaian program sejuta rumah," ujarnya.
 
Sebelumnya, Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kerja sama PPRG dengan BTN menghadirkan 150 rumah khusus anggota komunitas di Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi.
 
Kemudian, komunitas guru tak tetap dan buruh di Kendal, Jawa Tengah, pun mendapatkan perlakuan serupa. Pembangunan 63 rumah untuk dua komunitas itu melibatkan Universitas Diponegoro Semarang dan BTN.
 
Rumah-rumah itu dibangun di Curug Sewu Asri. Anggota komunitas cukup mendatangi markas masing-masing. Pengajuannya sama dengan permohonan KPR.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif