Hari Perumahan Nasional 2018

Demi Sejuta Rumah, swasta harus dilibatkan

Rizkie Fauzian 30 Agustus 2018 15:37 WIB
program sejuta rumahkpr
Demi Sejuta Rumah, swasta harus dilibatkan
Kegiatan pembangunan komplek perumahan bersubsidi di Palu, Sulawesi Tengah. Peran swasta dalam program Satu Juta Rumah terus pemerintah perluas. Antara Foto/M Hamzah
Jakarta:Pemerintah membutuhkan peran swasta dalam pelaksaan program Satu Juta Rumah di lapangan. Agar dapat ikut mensukseskan progrtam ini, swasta membutuhkan peran pemerintah.

Peran pemerintah yang diharapkan swasta adalah kemudahan dalam berusaha. "Bisa kemudahan, seperti perpajakan, perizinan, lahan, infrastruktur hingga tata ruang," ujar Sekjen DPP REI Paulus Totok Lusida kepada Medcom.id.


Di urusan perizinan, sebelumnya pemerintah telah menyederhanakan prosedur perijinan. Telah diadakan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) walau belum maksimal.

"Alasan pemerintah buat sistemnya dahulu, nah kita tunggu perkembangannya. Tapi di beberapa daerah sudah berjalan," imbuh Totok.

Peraturan lainnya adalah terkait dengan tata ruang. Pemerintah diminta untuk memberikan suatu sistem yang baku terhadap aturan tata ruang. "Misalnya saya bebasin tanah hari ini untuk pembangunan rumah, sudah dibolehkan tetapi begitu selesai aturan untuk tata ruangnya bilang tidak boleh, ini jadi masalah," ungkapnya.

Untuk itu REI mengimbau pemerintah agar mengajak para pengusaha dalam pembentukan peraturan terkait perumahan. Setiap ada peraturan yang hendak diterbitkan, terlebih dahulu pemerintah sebaiknya berbincang dengan pengusaha dan asoasiasi.

"Agar jangan ada aturan yang tidak bisa diaplikasikan pengusaha," tambah Totok.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id