Hunian tetap yang dibangun Kementerian PUPR untuk korban bencana. Foto: Kementerian PUPR
Hunian tetap yang dibangun Kementerian PUPR untuk korban bencana. Foto: Kementerian PUPR

Populer Properti, Rumah bagi Korban Bencana Sulteng hingga Tantangan Mencari Hunian

Rizkie Fauzian • 20 Mei 2022 08:25
Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Di antaranya ribuan rumah bagi korban bencana di Sulteng telah dihuni hingga tantangan mencari rumah.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Kamis, 19 Mei 2021:

1. 3.463 Rumah bagi Korban Bencana di Sulteng Telah Dihuni

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan bersama Non Government Organization (NGO) telah menyelesaikan 3.463 unit hunian tetap (huntap) atau setara 45 persen dari total rencana 7.682 unit huntap. 
 
Pembangunan huntap sebagai upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi yang disertai tsunami dan likuifaksi yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah pada 2018. Adapun 45 persen unit huntap tersebut telah dihuni oleh para penerima manfaat.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian huntap pada akhir 2023. 
 
Baca selengkapnya di sini

2. Konsep Rumah Tropis Modern Mulai Diminati Masyarakat

Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu yang relatif panas dan curah hujan yang tinggi. Dengan iklim tersebut, tak heran jika saat ini banyak hunian yang menghadirkan gaya arsitektur tropical.
 
Salah satu pengembang properti PT Kartunindo Perkasa Abadi melalui Yarra Cluster by Anwa Residence Puri menghadirkan hunian dengan desain arsitektur tropis. Salah satu ciri hunian tropis yakni menggunakan jendela yang besar. 
 
Kenny Glorious Andwa selaku Direktur PT Kartunindo Perkasa Abadi mengatakan, penggunaan jendela besar untuk melancarkan pengaliran udara dan menambah pencahayaan. Jika dipadukan dengan ruang void yang luas akan berfungsi sebagai kantung udara yang akan membawa hawa kesegaran di rumah.
 
Baca selengkapnya di sini 

3. Tantangan Mencari Rumah yang Tepat

Mencari properti yang tepat memang tak mudah. Banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan dengan matang sebelum mengambil keputusan membeli properti.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, tantangan pencari rumah memang bermacam-macam, salah satunya pinjaman lain yang harus dilunasi, dan juga yang pendapatannya bergantung pada komisi penjualan.
 
"Berbagai situasi ini mungkin membuat para pencari rumah merasa bingung, kurang percaya diri, dan merasa tidak berbuat apa-apa. Tetapi dengan analisa keuangan rumah tangga, serta pengetahuan tentang cara kerja bank dalam memberi pinjaman, kita optimis bahwa setiap orang bisa memulai langkah mereka menuju rumah idaman," katanya  dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 Mei 2022. 
 
Baca selengkapnya di sini 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif