Sejak mulai dibangun pada 1882, gereja dengan interior Neo-Gothic ini belum juga rampung karena rancangannya yang  rumit dan penuh detail. AFP Photo/Paul Barrera
Sejak mulai dibangun pada 1882, gereja dengan interior Neo-Gothic ini belum juga rampung karena rancangannya yang rumit dan penuh detail. AFP Photo/Paul Barrera

Butuh 1 Abad untuk Membangun Gereja Ini

Properti gereja natal kado natal
Rizkie Fauzian • 26 Desember 2018 08:08
Barcelona: Gereja yang satu ini memiliki arsitektur yang mengagumkan. Tak heran jika gereja ini menjadi salah satu obyek wisata utama di Barcelona, Spanyol.

Di kalangan arsitektur, Sagrada Familia dikenal sebagai proyek rumah ibadah paling ambisius sepanjang masa. Sejak mulai dibangun pada 1882, gereja dengan interior Neo-Gothic ini belum juga rampung karena rancangannya yang sangat rumit dan penuh detail.

Ada dua nama arsitek yang disebut. Pertama adalah Francisco Paula de Villar yang kemudian mengundurkan diri sebagai arsitek utama proyek ini. Pekerjaannya dilanjutkan Antoni Gaudi. Pergantian ini berkonsekwensi berubahnya rancangan yang sudah disiapkan de Villar menjadi ala Gaudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Hingga berpulangnya Gaudi pada 1926, pembangunan proyek baru berjalan 25 persen. Lalu berhenti karena Eropa dilanda Perang Dunia I dan II juga perang saudara.
Sagrada Familia merupakan salah satu bangunan ikonik di Spanyol dan merupakan landmark bagi Barcelona. AFP Photo/Paul Barrera

Ketika proyek yang tertunda ini hendak dilanjutkan, baru diketahui gambar rancangan asli Sagrada Familia hilang. Maka si arsitek baru yang ditunjuk harus mulai merancang ulang, tapi tetap mempertahakan fasad gaya Neo-Ghotic.

Sagrada Familia terdiri dari enam menara besar. Menara utama menjulang setinggi 172,5 meter. Jika bangunan rampung, maka gereja yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO tersebut bakal menjadi katedral tertinggi di Eropa.

Sebagai perhormatan atas sumbangannya, Antoni Gaudi dimakamkan di basement Sagrada Familia. Pembangunan gereja ditargetkan tuntas pada 2026, bertepatan 100 tahun berpulangnya Gaudi. November 2010. Paus Benediktus XVI mensucikan dan menyatakan Sagrada Familia sebagai Basilika Minor yang membedakannya dari katedral maupun tempat kedudukan uskup.


baca juga: Gereja didenda Rp 626 M gara-gara IMB


Oktober lalu Pemkot Bacelona mengenakanmya denda sebesar Euro 36 juta atau setara Rp 626 miliar. Alasannya, sejak dibangun 136 tahun lalu -dan hingga kini masih berlangsung- Sangrada Familia tidak memiliki dokumen Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Setelah negoisasi selama dua tahun, pengurus gereja Khatolik tersebut setuju membayar denda yang dijatuhkan Pemkot Barcelona itu. "Pembayarannya dicicil selama 10 tahun," kata Wali Kota Barcelona Ada Colau seperti dilansir dezeen.

Uang denda akan digunakan untuk kepentingan pembangunan dan pemiliharaan infrastruktur kota. Rencananya untuk membangun jaringan transportasi umum (Euro 22 juta), peningkatan sistem kereta cepat (Euro 7 juta), pengembangan jalan di sekitar Sagrada Familia (Euro 4 juta) dan pemeliharaan keamanan jalan (Euro 3 juta).

 


(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi