BP Tapera beroperasi tahun depan. Foto: Shutterstock
BP Tapera beroperasi tahun depan. Foto: Shutterstock

Tunggu Pengalihan Dana, BP Tapera Beroperasi Tahun Depan

Properti perumahan ruu tapera rumah tapak Penyediaan Rumah
Rizkie Fauzian • 17 September 2020 20:31
Jakarta: Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bakal beroperasi awal 2021. Hingga kini, BP Tapera tengah menunggu proses pengalihan peserta dan dana dari eks Bapertarum.
 
Adapun total potensi dana eks Bapertarum-PNS yang akan dikelola oleh BP Tapera senilai Rp9 triliun.
 
"Sekarang ditangani tim likuidasi, termasuk proses aktualisasi, dan verifikasi apa benar ada 4,1 juta ASN eks Bapertarum yang masih aktif, sudah pensiun, meninggal, nanti ada hitungan," ungkap Komisioner BP Tapera Adi Setianto di Jakarta, Kamis, 17 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adi menjelaskan dari 4,1 juta peserta tersebut berdasarkan segmentasi di Kementerian PUPR dibagi menjadi beberapa bagian.
 
Terdapat 58 ribu peserta dengan gaji Rp4 juta per bulan yang belum memiliki rumah. Sementara peserta dengan gaji Rp4 juta sampai Rp6 juta jumlahnya ada 440 ribu.
 
Sisanya, peserta dengan gaji maksimal Rp8 juta, baik individu maupun gabungan, ada sebanyak 609 ribu. Dari data ini nanti akan dipilah kembali.
 
"Nanti akan dipilah apakah peserta ingin memanfaatkan KPR, untuk renovasi, punya tanah tapi tidak bisa bangun rumah. Ini sedang kami usahakan," ungkap Adi.
 
BP Tapera akan mengacu pada data Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) yang mencakup pengembang dan jumlah unit rumah yang bisa dibangun sesuai kebutuhan.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif