Skema pembiayaan rumah ASN, DP 0% hingga tenor 30 tahun

Rizkie Fauzian 10 Juni 2018 13:00 WIB
perumahanbtnkpr
Skema pembiayaan rumah ASN, DP 0% hingga tenor 30 tahun
Maket rumah murah dalam sebuah pameran properti. MI/Panca
Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas dipilih sebagai pilot project dalam skema pembiayaan rumah bagi ASN. Berbeda dengan skema pembiayaan rumah komersial, khusus pegawai ASN di Kementerian PPN/Bappenas diberikan beberapa kemudahan.

Penggunaan kredit bisa digunakan untuk pembiayaan rumah mencakup pembelian, pembangunan atau renovasi, take over dan refinancing. Maksimum kredit hingga Rp 1,5 miliar.


Selain itu ada kemudahan lainnya yang diberikan.

Pertama, jangka waktu kredit dapat mencapai hingga 30 tahun hingga masa pensiun usia 75 tahun. Saat ini produk pembiayaan perumahan komersial membatasi agar kredit dilunasi di usia pensiun.

Kedua, suku bunga kredit lebih rendah dibandingkan suku bunga fixed 5 tahun p.a efektif yang berlaku yaitu 10,53 persen (suku bunga akan direviu per 5 tahun). ASN dinilai mempunyai risiko yang rendah sehingga suku bunga yang ditawarkan dapat lebih rendah dibandingkan profil kreditur lainnya.

Ketiga, tidak membutuhkan uang muka atau 0% Down Payment (DP). Berbeda dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mensyaratkan 10-20 persen nilai taksasi agunan, skema khusus ini tidak mensyaratkan uang muka.

Keempat, Debt Service Ratio (DSR) mencapai 70 persen dari penghasilan per bulan. Pembiayaan perumahan komersial saat ini mempunyai DSR yang lebih rendah dari 70 persen.

Kelima, biaya asuransi dicicil per bulan. Dalam skema pembiayaan perumahan komersial, asuransi yang nilainya cukup besar dibayar pada saat angkat kredit.



(LHE)