Pemkab beri bantuan Rp50 juta bagi rumah terdampak banjir. Ilustrasi: MI
Pemkab beri bantuan Rp50 juta bagi rumah terdampak banjir. Ilustrasi: MI

Korban Banjir Bandang Minahasa Dapat Bantuan Rp50 Juta untuk Bangun Rumah

Properti banjir bandang Permukiman Perumahan rumah tapak
Antara • 30 September 2021 14:46
Minahasa Tenggara: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, membangun enam unit rumah warga masyarakat yang menjadi korban banjir bandang.
 
"Kami langsung melakukan peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan rumah yang hancur akibat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap di Ratahan, Kamis, 30 September 2021.
 
Ia mengungkapkan, Pemkab Minahasa Tenggara bergerak cepat untuk membangun kembali rumah warga tersebut, agar segera ditempati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bantuan Kementerian PUPR dan Sosial butuh proses, sementara masyarakat sangat membutuhkan rumah tempat tinggal. APBD kami masih cukup untuk menangani bencana ini. Sebab itu dana diambil lewat pergeseran APBD 2021," ungkapnya.
 
Dalam waktu delapan hari setelah terjadinya bencana, rumah warga yang mengalami kerusakan segera dibangun kembali.
 
"Proses harus dilaksanakan dengan secepat, sehingga membutuhkan dukungan semua pihak agar warga kembali memiliki rumah tempat tinggal yang layak," ujarnya.
 
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Minahasa Tenggara, Novi Legi mengungkapkan bantuan yang diberikan pemerintah sebesar Rp50 juta untuk setiap unit rumah.
 
Ia menjelaskan, Rp45 juta dikhususkan untuk membeli kebutuhan bahan bangunan, sedangkan Rp5 juta diperuntukkan biaya tukang.
 
"Polanya memang bantuan yang diberikan dalam bentuk bahan. Kalau pun untuk pekerjaan pembangunan rumahnya sangat diharapkan dapat dilaksanakan dengan bergotong royong untuk meringankan beban keluarga korban bencana," ujarnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif