Penjualan rumah turun secara tahunan akibat pandemi covid-19. . Foto: Shutterstock
Penjualan rumah turun secara tahunan akibat pandemi covid-19. . Foto: Shutterstock

Penjualan Rumah Turun 25,60%, Ini Faktor Penyebabnya

Properti investasi properti perumahan bisnis properti rumah tapak
Rizkie Fauzian • 12 Agustus 2020 16:20
Jakarta: Penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan II-2020 secara tahunan mengalami penurunan. Penjualan rumah pada periode tersebut turun 25,60 persen.
 
Meski penurunannya tidak sebanyak pada triwulan sebelumnya yakni 43,19 persen, namun penurunan penjualan periode saat ini masih lebih rendah dari triwulan yang sama tahun lalu sebesar 15,79 persen.
 
Penurunan volume penjualan terjadi pada seluruh tipe rumah, baik menengah dengan penurunan 40,11 persen, rumah tipe besar 36,71 persen, dan rumah tipe kecil 14,36 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terhambatnya penjualan properti residensial disebabkan beberapa faktor, terutama karena adanya pandemi covid-19 dan penerapan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
 
Hal tersebut disampaikan responden dalam Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (BI). Sisanya, para responden percaya bahwa penurunan terjadi karena suku bunga KPR masih tinggi.
 
Faktor lain yang dinilai masih menjadi penghambat antara lain proporsi uang muka yang tinggi dalam pengajuan KPR, masalah perizinan, dan kenaikan harga bahan bangunan.
 
Secara triwulan, penjualan properti residensial tumbuh sebesar 10,14 persen di triwulan II-2020. Angka tersebut naik dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.
 
Kenaikan tersebut didorong dari penjualan tipe rumah kecil dan tingginya pencairan Fasilitas Likuiditas Pembiaayaan Perumahan (FLPP) pada triwulan II-2020.
 
Pada triwulan II-2020 juga terdapat unit properti yang mengalami pembatalan penjualan oleh konsumen sekitar 10 persen dari total unik terjual pada triwulan II-2020 dengan porsi terbesar adalah rumah tipe kecil.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif