Ribuan rumah di Jawa Timur diperbaiki. (Foto: dok.Kementerian PUPR)
Ribuan rumah di Jawa Timur diperbaiki. (Foto: dok.Kementerian PUPR)

Ribuan Rumah Tak Layak Huni di Jatim Diperbaiki, Gratis!

Properti sejuta rumah bedah rumah
Rizkie Fauzian • 13 September 2019 07:06
Jawa Timur: Pemerintah memperbaiki 1.246 rumah tidak layak huni (RTLH) di Jawa Timur. Perbaikan dilakukan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.
 
"Total anggaran BSPS untuk Provinsi Jawa Timur sebesar Rp21,8 miliar," ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur Ridwan Dibya Sudharta, di Jawa Timur, Kamis, 12 September 2019.
 
Program BSPS di Jawa Timur akan dilaksanakan di 34 desa dan 14 kecamatan. Pihaknya juga tengah membina Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) yang akan mendampingi masyarakat selama bedah rumah berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyaluran dana BSPS dilakukan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui bank penyalur dana BSPS.
 
Dana akan didistribusikan kepada masyarakat apabila semua proses administrasi dan verifikasi yang dilakukan Tim Pendamping Masyarakat (TPM) telah rampung.
 
Penyaluran dana BSPS juga melihat kesiapan masyarakat atau kelompok masyarakat yang akan melaksanakan pembangunan. Sedangkan, bantuan BSPS akan disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk bahan bangunan dan upah tukang.
 
Mengenai besaran anggaran untuk masing-masing penerima BSPS, terbagi menjadi dua. Pertama, Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya yaitu Rp17,5 juta. Rinciannya, untuk bahan bangunan sebesar Rp15 juta dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.
 
Kedua, Pembangunan Rumah Baru Swadaya dengan total dana Rp35 juta. Rinciannya, dana untuk bahan bangunan Rp30 juta dan Rp5 juta untuk upah tukang.
 
"Semua program penyaluran dana bedah rumah atau BSPS Kementerian PUPR tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis," ucap Ridwan.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif