Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) kembali digelar. Foto: Medcom.id/Gervin
Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) kembali digelar. Foto: Medcom.id/Gervin

Menuju Era Revolusi Konstruksi

Properti teknologi infrastruktur konstruksi revolusi industri
Gervin Nathaniel Purba • 06 November 2019 18:32
Jakarta: Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) kembali diselenggarakan untuk ke-17 kalinya. CENS UI tahun ini mengangkat tema Construction Resolution: Way of New Era Involving Cutting Edge Technology for Resilient Construction.
 
CENS UI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Universitas Indonesia. Pada tahun ini, CENS UI diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat, Rabu, 6 November 2019.
 
Pemilihan tema tersebut diangkat untuk mendorong terjadinya revolusi konstruksi. Revolusi konstruksi merupkan perkembangan teknologi dan desain bangunan dari hasil revolusi industri yang diterapkan dalam dunia konstruksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Revolusi konstruksi memanfaatkan cuting-edge technology secara optimal dengan menggunakan teknologi berbasis digital dan IT untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.
 
"CENS UI diadakan sebagai wadah ide dan gagasan mahasiswa serta profesional dalam memecahkan masalah konstruksi di Indonesia," ujar Manager Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik UI Muhamad Sahlan, saat membuka CENS UI ke-17.
 
CENS UI menghadirkan pembicara profesional dalam membahas kesiapan konstruksi Indonesia agar mampu bersaing pada level global. Terlebih membahas mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam pembangunan berkelanjutan.
 
"Teknologi digital telah memengaruhi infrastruktur, baik teknologi konstruksi maupun engineering," kata Sahlan.
 
Pembahasan dilakukan dalam sebuah konferensi yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama membahas Perkembangan Metode Konstruksi di Indonesia untuk Mendukung Konstruksi Berketahanan. Sesi kedua, mengulas Cutting Edge Technology dalam Merevolusi Industri Konstruksi.
 
Pembicara yang dihadirkan yakni Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Vaza, BIM & Engineering Officer Building Division PT Waskita Karya Tbk Choliq Komarudin Kohar, SVP (Research and Development Division PT PP Ni Made Sasanti, Director of Taylor Thomson Whitting Marten Eddy, General Manager of Hilti Indonesia Budi Wateman Silaban, dan Deputy Manager of Obayashi Corporation Kenta Tachibana
 
Dalam mendukung penyiapan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk menerapkan teknologi digital pada sektor konstruksi, Fakultas Teknik UI menyiapkan kurikulum 2020. Kurikulum tersebut diharapkan dapat mengubah paradigma proses belajar. Kurikulum ini dinilai cocok dalam mengantisipasi perubahan pada masa depan.
 
"Kami juga minta masukan dari pengguna dan alumni sebagai upaya menyiapkan sarjana unggul," ujar Ketua Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik UI Ir R Jachrizal Sumabrata.
 
Selain memberi bahasan materi terkait, konferensi ini juga memberikan output dari Ikatan Mahasiswa Sipil UI. Output tersebut berupa roadmap untuk digunakan negara sebagai referensi pembangunan yang berketahanan.
 
Rangkaian CENS UI ke-17 terdiri atas lomba mahasiswa berjudul Call for Innovation dan National Tender Competition, Workshop, Company Visit, serta National Summit sebagai acara puncak. CENS UI ke-17 dibuka dengan presentasi akhir dari peserta terpilih yang diselenggarakan pada Senin, 4 November 2019.
 
Peserta memaparkan ide dan inovasi mereka dalam bentuk karya tulis dan infografis. Harapannya, hasil dari pemikiran dan penelitian yang sudah mereka lakukan dapat dijadikan referensi pembangunan di Indonesia. Para pemenang Call for Innovation dan National Tender Competition akan diumumkan pada Rabu, 6 November 2019.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif