Hunian <i>Smarthome</i> Mulai Jadi Incaran
Panel layar sentuh pengontol aplikasi smarthome. ilustrasi/IFA/which.uk
Jakarta: Meluasnya penerapan teknologi informasi membuka peluang baru bisnis properti. Mulai banyak pengembang meluncurkan rumah dan apartemen yang perangkatnya dapat diakses penghuni melalui smartphone, yaitu hunian smarthome.

Smarthome adalah sistem berbantuan komputasi yang memberi kemudahan akses kontrol kepada penghuni. Mulai kenyamanan, keselamatan, keamanan atau penghematan energi yang semuanya bisa diatur otomatis.


Beberapa hunian berkonsep ini antara lain apartemen Podomoro City di Medan. Fitur yang ditawarkan aplikasi untuk mengatur lampu, AC dan perangkat lain bertenaga listrik. Lain lagi dengan Borneo Bay City, Balikpapan, yang menawarkan fasilitas sensor keran di kamar mandi sehingga penghuninya dapat menghemat air.



“Konsep hunian smarthome, saat ini memang sedang banyak diincar, karena konsep ini menawarkan kemudahan pada penghuninya,” ujar Edwin Alqurmani Pamungkas, Asisten Marketing Manager Kalindo Land, pengembang perumahan Villa Bogor Indah.

Smarthome cukup ampuh menarik bagi pasangan muda yang sudah terbiasa akrab dengan smartphone. Produk smarthome di Villa Bogor Indah yang mencakup fitur pantauan CCTV rumah melalui smartphone serta gratis biaya jaringan internet selama setahun dihargai Rp 400-an juta per unit.
 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id